Disdukcapil Lamsel Nyatakan Blanko e-KTP Kosong Hingga Januari 2017

Disdukcapil Lamsel Nyatakan Blanko e-KTP Kosong Hingga Januari 2017

871
0
BERBAGI

KALIANDA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Selatan, pastikan jika blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kosong hingga Januari 2017. Hal ini berimplikasi kepada warga masyarakat untuk dapat bersabar menerima e-KTP meski telah melakukan perekaman data kependudukan.
“Penyebabnya yaitu, lelang pengadaan 8 juta balngko E-KTP dengan nilai Rp 115 Milyar, yang dilakukan pemerintah pusat telah dinyatakan gagal oleh tim evaluasi. Karenanya, pengadaan blangko E-KTP tersebut akan kembali dilakukan lelang pada tahun anggaran 2017 mendatang. Sehingga, ketersediaan blangko E-KTP dapat diprediksi pada Januari 2017 mendatang,” ungkap Kepala Disdukcapil, Hasan Afriyansah di sela-sela pembahasan RAPBD 2017 di ruang rapat DPRD setempat, Senin (21/11/2016).

Menurut Hasan, hal itu dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, perihal pemberitahuan ketersediaan blangko KTP Elektronik nomor : 471.13/12159/DUKCAPIL yang ditujukan keseluruh daerah di Indonesia, termasuk Lamsel.

Secara otomatis, hal tersebut berdampak pada pengalokasian blangko E-KTP untuk Kabupaten yang berada di ujung Pulau Sumatera ini.

Hasan menambahkan mengungkapkan, berdasarkan SE dari pemerintah pusat itu solusi yang diberikan yakni dengan memberikan surat pengganti KTP yang diberlakukan selama 6 bulan.

“Ya, itu satu-satunya jalan atau solusi yang mereka berikan kepada pemerintah daerah. Karena, hingga Desember nanti blangko di Disdukcapil kosong,” imbuh Hasan.

Mantan Kepala BPMPPT Lamsel ini juga mengatakan, padahal sebelumnya pihaknya telah mendapatkan SE dari Kemendagri mengenai pengalokasian blangko E-KTP pada November ini.

“Namun, jarak beberapa hari kemudian, datang lagi surat pemberitahuan bahwa pengadaan 8 juta blanko itu di pending,” ujarnya seraya mengungkapkan kekosongan blanko ini tidak berdampak terhadap proses perekaman data kependudukan. “Proses perekaman data e-KTP warga tetap bisa jalan,” pungkasnya.
(row)img_20161121_155545

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY