Home Daerah 100 Rumah Warga di Pekon Pardasuka Terendam Banjir

100 Rumah Warga di Pekon Pardasuka Terendam Banjir

93 views
0
Luapan aliran air yang membanjiri rumah warga di tiga dusun di Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu

PARDASUKA – Intensitas hujan yang tinggi pada sekitar pukul 17:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB di wilayah Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, berdampak pada terendamnya rumah warga di Dusun Jatiagung, Dusun Ujung Gunung dan Dusun Margabatin, Pekon Pardasuka.

Limpasan air setinggi mata kaki dan lutut orang dewasa, masuk dan merendam rumah warga, pada sekitar pukul 18:00 WIB, Rabu (18/03/2020).

Kepala Pekon Pardasuka Zevi Hardi Sofyan saat dikonfirmasi wartawan Lampungraya.id., melalui sambungan WhattApps-nya menjelaskan, banjir terjadi akibat luapan aliran air dari saluran irigasi (boloran) yang melintasi wilayah Pekon Pardasuka.

“Ada sekitar 100-an rumah warga yang terkena banjir. Selain itu, barang-barang dan juga perabotan rumah warga lainnya, juga terdampak banjir ini”, ucap Jevi.

Menurut Jevi, banjir selain akibat meluapnya air pada saluran boloran yang hulunya dari Pekon Sukanegeri dan Pardasuka Selatan ini, juga di picu oleh buruknya kondisi gorong-goro pada lintasan jalan provinsi yang letaknya tidak jauh dari Kantor Polsek Pardasuka.

“Harapannya, saluran boloran yang ada bisa dilakukan normalisasi. Kemudian, goro-gorong bisa diperbaiki da tinggikan sehinga aliran air saat hujan deras, bisa mengalir dengan lancar”, pinta Jevi.

Pada sekitar pukul 22:00 WIB, air yang membanjiri rumah warga di tiga dusun, mulai berangsur surut.

Nampak, Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu, Edi Sumber Pamungkas, berikut personil BPBD dan Tagana, serta Camat Pardasuka, Titik Puji Lestari, yang turun ke lokasi banjir.

“Alhamdulilah mas, sekitar pukul 21:00 WIB tadi, air berangsur mulai surut. Tidak ada korban jiwa”, ucap Sugeng Pramono, Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Pringsewu. (Ful)