Tuntut Plt Bupati Dicopot, Masyarakat Lampura Gelar Aksi di Kemendagri dan DPR...

Tuntut Plt Bupati Dicopot, Masyarakat Lampura Gelar Aksi di Kemendagri dan DPR RI di Jakarta

373
0
BERBAGI

JAKARTA – Ratusan masyarakat Lampung Utara yang tergabung dalam Aliansi Rakyat, Mahasiswa dan Pemuda Kabupaten Lampung Utara menggelar aksi unjuk rasa di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR RI di Jakarta, Selasa 24 April 2018.

Dalam aksinya peserta aksi meminta Kemendagri dan komisi II DPR RI untuk mencopot dan memproses Plt Bupati Sri Widodo dari jabatan karena dinilai telah membuat kegaduhan dan melawan peraturan perundang undangan pemerintah pusat terkait pembatalan mutasi oleh Kemendagri.

“Mendagri harus bersikap tegas dan bijak menyikapi persoalan yang terjadi di Lampura. Pengindahan surat KASN dan Mendagri terkait pembatalan mutasi tidak diindahkan. Ini jelas melawan kebijakan pusat dan hukum perundang-undangan di Indonesia,” ujar Koordinasi Aksi Rico didampingi Rani Satria, saat menggelar orasi tuntutan di depan gedung Kemendagri, Selasa 24 April 2018.

Massa yang hadir sejak pukul. 10.00 WIB menggelar orasi secara bergantian diatas mobil komando aksi. Sebelum peserta aksi melakukan Long March dari depan Tugu Monumen Nasional (Monas). Setelah itu massa kembali bergerak ke gedung DPR RI. Disana orasi politik kembali dilakukan.

Setelah melakukan pembacaan pernyataan sikap dihalaman depan gedung wakil rakyat itu, para peserta aksi massa langsung membubarkan diri dengan tertib. Sementara, pelaksanaan unjuk rasa yang dilakukan gabungan ratusan masyarakat Lampura dan Jakarta berlangsung lancar dan aman.