Home Daerah Anggota DPD RI Gelar Reses di Abung Semuli Lampung Utara

Anggota DPD RI Gelar Reses di Abung Semuli Lampung Utara

86 views
0

LAMPUNG UTARA – Dalam rangka mewujudkan komitmen guna menyerap aspirasi masyarakat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indoneaia (DPD-RI) asal Daerah Pemilihan Dua (Dapil II) Lampung, KH. Ir. Abdul Hakim melaksanakan kegiatan dialog dan penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah di Provinsi Lampung. Senin (19/04/2021).

Acara tersebut di gelar di Balai Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara dan turut dihadiri dan diikuti oleh Anggota Fraksi PKS DPRD Lampung Utara Hi. Agung Utomo, Camat Abung Semuli Eka Darma Thohir, Pelopor Desa Emas Lampung Utara, Churifa, Kepala Desa Semuli Raya Deddy Surachman, beserta Perangkat Desa, BPD, LPM, TP-PKK dan para Kadus dan RT se Desa Semuli Raya, serta para Undangan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Semuli Raya Deddy Surachman sampaikan ungkapan terimakasih atas kunjungan kerja Anggota DPD RI KH. Ir. Abdul Hakim di desa Semuli Raya.

Dalam laporannya Kepala Desa Semuli Raya memaparkan tentang potensi yang ada di desa Semuli Raya, baik pada bidang perekonomian, pertanian, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Pada kesempatan tersebut Kades Deddy Surachman juga berharap kepada para hadirin guna menyimak yang di sampaikan dan di uraikan oleh para Pemateri pada kegiatan tersebut.

Senada dengan itu, dalam sambutannya Camat Abung Semuli Eka Darma Thohir menyampaikan ungkapan terimakasih atas kehadiran Anggota DPD RI Lampung KH. Ir. Abdul Hakim ke Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara.

Eka Darma Thohir berharap kegiatan reses tersebut nantinya Anggota DPD RI Lampung KH. Ir. Abdul Hakim dapat mendengar, menyimak dan menyerap secara langsung tentang aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Dikatakan Eka, kehadiran Anggota DPD RI ini merupakan wujud dukungan moril dan merupakan yang dapat mengedukasi bagi masyarakat di Abung Semuli.

“Mudah mudahan kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat di Kecamatan Abung Semuli,” pungkas Eka.

Pada momentum yang sama, anggota Fraksi PKS DPRD Lampung Utara Hi. Agung Utomo mengapresiasi dan berterimakasih atas kunjungan KH. Ir. Abdul Hakim dalam agenda reses di Semuli Raya.

Agung Utomo juga beri imbauan kepada para masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena menurut Agung masyarakat harus bersama untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam menyikapi ancaman wabah pandemi covid-19.

Legislator Lampura dari Fraksi PKS ini juga
menyampaikan bila warga masyarakat dapat bersabar terkait kondisi pembangunan infrastruktur di Lampung Utara. Diakui oleh Agung Utomo bila dirinya telah turut ikut berupaya guna perjuangkan mengenai keluhan terkait kondisi infrastruktur jalan.

“Kami akan selalu maksimal dalam mengemban fungsi dan tugas kami selaku DPRD. Insha Allah kedepan pada bidang infrastruktur akan terlaksana, meskipun nantinya akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah Lampung Utara. Kepada pihak pengusaha yang ada telah berpartisifasi dalam turut memperbaiki kerusakan infrastruktur, kami mengapresiasi dan sangat berterimakasih,” papar Agung Utomo.

Sementara itu, Pelopor Desa Emas Kabupaten Lampung Utara, Churifa menyampaikan bila Gerakan Desa Emas bertujuan meningkatkan perekonomian dan pembangunan desa. Program desa emas hadir sebagai flatfon desa yang mandiri, bermartabat, kompak dan bergotongroyong.

“Mari kita membangun desa dengan gerakan desa emas,” tukas Churifa.

Pada acara inti, Anggota DPD RI Lampung KH. Ir. Abdul Hakim dalam sambutannya menyampaikan harapan bila bulan suci Ramadhan ini dapat menjadi panduan bagi umat guna meraih ridho Allah SWT.

Dilanjutkannya, bila kegiatan reses ini selain sebagai menjalin silaturahmi juga sebagai tugas yang mesti dijalankan selaku perwakilan rakyat.

“Masyarakat diharapkan sampaikan aspirasi dan pemikiran dalam reses ini,” pinta Abdul Hakim.

Ditambahkan oleh KH. Abdul Hakim, mengingat kondisi dalam suasana pandemi covid-19 kita mesti berikhtiar bersama guna melakukan pencegahan.

“Mudah mudahan masyarakat desa Semuli Raya selalu diberikan anugerah kesehatan dan selalu dalam lindungan dari Allah dari ancaman wabah covid-19,” Ungkapnya.

KH. Abdul Hakim juga menyampaikan mengenai terkait tentang perimbangan keuangan desa dan daerah, sektor perekonomian dan dampak sosial covid-19.

Menurutnya, dana desa juga mencakup mengenai penangan BLT dan Sosial, diharapkan dana desa bersumber dari APBN dapat bermanfaat dan menyentuh langsung bagi masyarakat di pedesaan.

“Dana Desa bertujuan guna mendongkrak perekonomian dan meningkatkan mutu dalam pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta menjadi energi bagi pertumbuhan pembangunan di desa,” sebut Abdul Hakim.

Menyinggung tentang program Gerakan Desa Emas, KH. Abdul Hakim mengatakan bilamana pelaksanaan program tersebut mesti disertai pula dengan pembinaan akhlak, dimana sasaran terkait pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang meminimalisir kerusakan lingkungan. Selain itu, melakukan bina kebersamaan,sehingga semua warga desa setelah akhlak atau karakternya di perbaiki, maka mereka harus bersaudara dan dibuat kelompok usaha bersama.

Menurut Abdul Hakim, Desa Emas merupakan desa yang bertujuan guna meningkatkan ketahanan energi dan pangan, serta lingkungan dan sosial, mengingat Desa Emas memilik semangat dan jiwa yang mandiri.

“Semoga desa semuli raya kedepan menjadi diantara desa yang mampu wujudkan cita-cita pembangunan,” tutupnya. (*/Kandar)