Home Daerah Bak Siluman, Sejumlah Proyek di Lamsel Tanpa Papan Informasi

Bak Siluman, Sejumlah Proyek di Lamsel Tanpa Papan Informasi

840 views
0

KALIANDA – Sejumlah kegiatan fisik PU-PR Kabupaten Lampung Selatan terkesan misterius bak siluman tanpa tanda informasi yang memadai.

Seperti pembangunan ruas Jalan Mandah-Rulung Raya Desa Mandah dan Ruas Jalan Rulungsari-Mandah Kecamatan Natar diketahui tanpa informasi apapun, baik volume, jenis jalan dan nilai kegiatan.

Kepala Dinas PU-PR setempat, Hasby Aska saat ditemui di sela-sela kegiatan Musrenbang Kecamatan Candipuro, mengaku tidak ingat secara rinci. Dia menyarankan agar poporsi kegiatan PU-PR dapat dilakukan di kantor.

“Ke kantor aja,” elak Hasby singkat, Selasa 15 Februari 2022.

Terpisah, ketua komisi III DPRD Lampung Selatan, Rosdiana mengaku jika alat kelengkapan yang ia pimpin sebelumnya sudah turun langsung ke 2 lokasi kegiatan tersebut.

Menurut politisi PDIP asal Dapil Jatiagung itu, dari peninjauan di lapangan, komisi menemukan fakta bahwa Ruas Jalan Mandah-Rulung Raya sepanjang 1,3 kilometer yang dikerjakan oleh Global Kontruksi dan Ruas Jalan Rulungsari-Mandah yang dikerjakan oleh CV Karang Agung dengan mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021 itu tidak maksimal.

Untuk itu, Rosdiana menegaskan bakal menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak terkait.

Komisi III kata Rosdiana, telah banyak menerima laporan dari masyarakat terkait mutu dan hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh rekanan yang tak sesuai spek.

“Maka kami komisi III DPRD Lampung Selatan yang didampingi bapak Camat dan Kepala Desa serta pihak Dinas PUPR turun langsung untuk membuktikan, ternyata apa yang kami dengar itu sesuai dengan yang kami lihat hari ini.”kata dia seperti dilansir radarlamsel.com.

Sementara, dari hasil penelusuran LPSE Provinsi Lampung, Peningkatan Ruas Jalan Mandah-Rulung Raya dimenangkan oleh Global Kontruksi dengan nilai kontrak Rp1.074.830.448.00 dengan penandatanganan kontrak pada 7 September 2021 dan jenis kontrak Gabungan Lumsum dan Harga Satuan. Di pengumuman tersebut juga tidak ditemukan jenis jalan maupun volume pekerjaan.

Sedangkan untuk kegiatan peningkatan Ruas Jalan Rulungsari-Mandah yang dikerjakan oleh CV Karang Agung nilai kontrak sebesar Rp1.097.702.283,98. Dengan penandatanganan kontrak pada 7 September 2021 dan jenis kontrak Gabungan Lumsum dan Harga Satuan.

Di 2 pengumuman kegiatan tersebut juga tidak ditemukan jenis jalan maupun volume pekerjaan.

(row)