Home Daerah Bersama Warga, Personil BPBD Pringsewu Bersihkan Sampah Paska Banjir di Pardasuka

Bersama Warga, Personil BPBD Pringsewu Bersihkan Sampah Paska Banjir di Pardasuka

61 views
0

PRINGSEWU,LAMPUNGRAYA.ID – Sebanyak 40 personil BPBD Kabupaten Pringsewu dikerahkan guna membersihkan endapan lumpur dan sampah paska banjir bandang yang melanda beberapa pekon di Kecamatan Pardasuka.

Aksi gotongroyong dengan cara membersihkan lumpur dan sampah ini langsung dipimpin Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu, Edi Sumber Pamungkas, S.Sos.

“Pagi tadi, kita coba sisir dan bersihkan sampah yang masih berserakan di sejumlah titik di pekon pardasuka. Ada sekitar 40 anggota BPBD Pringsewu yang kita kerahkan”, jelas Edi Sumber Pamungkas dikonfirmasi wartawan Lampungraya.id., melalui sambungan WhatApps, Jumat (08/01/2021).

Dapur umum yang didirikan BPBD Pringsewu guna melayani makan para anggota keluarga terdampak banjir di Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu

Sementara lanjut Edi, untuk terus bisa melayani makan bagi para anggota keluarga terdampak banjir, pihaknya akan mengoperasikan dapur umum hingga Minggu (10/01/2021). “Untuk dapur umum memang sudah kita dirikan sejak Rabu (06/01/2021) lalu. Rencananya pengoperasiannya akan kita perpanjang dan berlangsung hingga minggu ini”, sebut Edi.

Kepala Pekon Pardasuka, Jevi Hardi Sofyan, SH, saat dikonfirmasi wartawan Lampungraya.id., mengatakan, ada sekitar 548 Kepala Keluarga (KK) diwilayahnya yang terdampak banjir bandang. Kerusakan terhadap bangunan rumah warga ini ada yang rusak berat, dan ada juga yang rusak ringan.

“Selain bangunan rumah, beberapa fasilitas milik pemerintahan seperti Rumah Dinas Camat, Gedung GSG Kecamatan Pardasuka, Gendung KB serta Kantor Pekon Pardasuka juga ikut terdampak banjir. Namun, pelayanan di pekon pardasuka masih tetap kita laksanakan”, papar Jevi.

Jevi mengemukakan, kalau ada jembatan penghubung antar dusun diwilayahnya yang rusak akibat terjangan banjir. “Jembatan penghubung antara dusun pagar alam dan bandar agung juga ikut rusak. Air juga masuk dan menggenangi bangunan SDN 1 dan SDN 3 Pardasuka serta Gedung PAUD”, terang Jevi.

Jevi juga menyampaikan ucapan terimakasih atas respon cepat pemerintah daerah serta bantuan tenaga dan materi yang sudah diberikan.

“Mewakili masyarakat pekon pardasuka, kami mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan. Termasuk juga ucapan terimakasih kepada gerakan pramuka, ACT dan Kagama atas kepedulian dan bantuannya”, ujar Jevi. (Ful)