Home Daerah Cegah Korona, Dishub Lampung Selatan Sterilisasi Angkutan Umum di Jalan Raya Natar

Cegah Korona, Dishub Lampung Selatan Sterilisasi Angkutan Umum di Jalan Raya Natar

18 views
0

NATAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Selatan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap angkutan perkotaan (angkot) di Jalan Raya Natar, Kecamatan Natar, pada Rabu (1/4/2020).

Penyemprotan dilakukan untuk mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus korona atau Covid-19 di daerah itu.

Dalam aksi itu petugas Dishub Lampung Selatan menyemprotkan cairan disinfektan kesejumlah bagian angkot yang banyak disentuh penumpang.

Kepala Dishub Kabupaten Lampung Selatan, Mulyadi Saleh mengatakan, sterilisasi kendaraan umum atau angkot melalui penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain penyemprotan disinfektan pada angkutan, petugas Dishub juga melakukan pengecekan suhu tubuh para sopir angkot dan juga penumpang.

“Teknisnya, angkutan yang sudah kita semprot disinfektan ditempel striker. Itu sebagai tanda angkotnya sudah steril,” ujar Mulyadi Saleh disela-sela kegiatan.

Mulyadi Saleh menambahkan, penyemprotan disinfektan pada mobil angkutan umum yang menjadi agenda kerjanya, merupakan instruksi pusat dan Plt Bupati Lampung Selatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain angkutan, penyemprotan disinfektan juga menyasar sejumlah perusahaan yang memiliki kendaraan operasional seperti truk maupun mobil bak terbuka yang memiliki mobilitas tinggi dan rentan terpapar Korona.

“Kita datangi langsung ke kantor ataupun gudang perusahaannya. Nanti petugas akan menyemprotkan disinfektan terhadap truk atau pickup supaya steril,” katanya.

Mulyadi juga mengimbau para sopir dan masyarakat pada umumnya agar tidak panik. Disamping itu, penerapan pola hidup bersih dan sehat juga merupakan solusi terhindar dari penularan Covid-19.

“Kita juga mengimbau secara bergerak, agar masyarakat menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun. Menunda berpergerian dan menghindari tempat-tempat keramaian,” pungkasnya. (az)