Home Daerah Dampak Covid-19, Juli Ini KPM di Lamsel Terima Program Sembako 3 Bulan...

Dampak Covid-19, Juli Ini KPM di Lamsel Terima Program Sembako 3 Bulan Sekaligus

200 views
0

KALIANDA – Koordinator Daerah Tenaga Kerja Sosial (Korda TKS) Kabupaten Lampung Selatan, Marlandi Nurliansyah Zein mengungkapkan percepatan pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako pada Juli 2021 sebagai dampak Covid-19 telah berproses masuk rekening masing-masing KPM. Menurut Marlandi, dengan percepatan tersebut KPM menerima 3 bulan sekaligus, yakni Juli, Agustus dan September.

Khusus kartu sembako, dijelaskan Marlandi boleh dicairkan sekaligus 3 bulan, boleh juga bertahap selama bulan berjalan sesuai kehendak KPM dengan menggunakan mekanisme multiwallet dengan besaranĀ  Rp200rb setiap tahap bulannya.

“Proses pengisian kuota Bansos Sembako multiwallet sudah berproses secara bertahap untuk 3 bulan, yakni Juli, Agustus, September 2021,” katanya, Selasa 20 Juli 2021.

Untuk itu, terus Marlandi, telah meminta TKSK (Tenaga Kerja Sosial Kecamatan) menginformasikan kepada para KPM untuk melakukan info kuota terlebih dahulu ketika bertransaksi pencairan sembako di Agen BRILink dan e-warong sembako.

“Penyaluran yang saat ini kan penyaluran tahap 7 dengan menggunakan mekanisme multiwallet, yang sebelumnya pada tahap 1-6 masih menggunakan mekanisme singlewallet,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk mempercepat pencairan dana Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada awal Juli 2021.

Percepatan pencairan Kartu Sembako BPNT ini merupakan respons pemerintah terhadap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan Kartu Sembako BPNT pada kuartal ketiga 2021 di bulan Juli 2021.

Sehingga, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kartu Sembako BPNT akan mendapatkan bantuan tiga bulan sekaligus untuk Juli hingga September 2021 pada Juli 2021.

Besaran bantuan Kartu Sembako BPNT pada 2021 yakni, sebesar Rp200.000 per bulan.

Dengan penyaluran bantuan tiga bulan sekaligus pada kuartal ketiga 2021, maka KPM akan mendapatkan bantuan Kartu Sembako BPNT sebesar Rp600.000 pada Juli 2021.

Sri Mulyani mengatakan, dengan adanya percepatan penyaluran bantuan Kartu Sembako BPNT ini, diharapkan akan memperkuat daya tahan sosial dari para KPM di tengah PPKM Darurat.

(row)