Home Daerah Dekranasda Buka Kafe di Dermaga Eksekutif, Nanang Dorong UMKM Ambil Peluang

Dekranasda Buka Kafe di Dermaga Eksekutif, Nanang Dorong UMKM Ambil Peluang

27 views
0

KALIANDA – Kafe Kopi Lampung Selatan (Kolase) kini hadir di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni. Gerai binaan Dekranasda itu hadirkan berbagai varian kopi asli tanaman setempat. Tidak hanya itu, penumpang dermaga eksekutif yang mampir juga dapat memburu buah tangan sebagai oleh-oleh dari hasil kerajinan tangan khas Bumi Ragom Mufakat.

“Tentunya ini menjadi momentum dan kado yang istimewa bagi masyarakat Lampung Selatan. Karena launching gerai ini bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Selatan yang ke-63,” ujar Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat memberikan sambutan dalam launching gerai Dekranasda itu, Kamis (14/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Nanang juga mengimbau kepada seluruh stakeholders terkait kiranya dapat mendukung dan berperan aktif dalam pengembangan usaha di Kabupaten Lampung Selatan sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan atas terobosannya membuka gerai dan kafe di Dermaga Eksekutif Bakauheni ini. Mudah-mudahan dengan hadirnya gerai ini bisa lebih memacu semangat ibu-ibu yang ada di Dekranasda untuk mengembangkan IKM yang ada di Lampung Selatan,” kata Nanang.

Sementara, Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj Winarni Nanang di sela-sela acara mengungkapkan awal gagasan membuka gerai di dermaga eksekutif ini karena melihat peluang untuk lebih mengenalkan lagi produk-produk olahan hasil karya pengrajjn setempat.

“Setelah memahami konsep dermaga eksekutif ini layaknya terminal penumpang di bandar udara, maka kami ingin ambil peluang turut hadir disitu. Sebagai daerah perlintasan, Lampung Selatan diuntungkan  dengan dilintasi dari seluruh penjuru Indonesia. Kedepannya kami menargetkan akan lebih banyak menawarkan produk-produk olahan khas yang lebih inovatif dan dapat diterima pasar,” jelas Winarni.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lampung Selatan, Yusri mengatakan, dengan diresmikannya Gerai Dekranasda tersebut bisa menjadi ajang promosi bagi para pelaku IKM yang ada di Lampung Selatan.

Dimana menurutnya saat ini masih banyak pelaku IKM yang kesulitan dalam mempromosikan atau memasarkan produk-produk hasil dari para pengrajinnya.

“Karena pemasaran yang baik akan meningkatkan jumlah produksi, sehingga pelaku IKM akan dapat meningkatkan pendapatan para pelaku IKM itu sendiri,” kara Yusri.

Sementara itu, acara peresmian tersebut turut dihadiri Direktur PT Indonesia Ferry Property (PT IFPRO) Harry Mac, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, GM PT ASDP Cabang Bakauheni Hasan Lessy, perwakilan anggota Forkopimda Lampung Selatan serta para wakil ketua dan anggota DPRD Lampung Selatan.

Selain itu hadir juga, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Fredy beserta pejabat utama dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, tokoh adat Lima Marga Saibatin, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tamu undangan lainnya. (row)