Home Daerah Desa di Kecamatan Palas Ini 27 Warganya Terkonfirmasi Positif Covid-19

Desa di Kecamatan Palas Ini 27 Warganya Terkonfirmasi Positif Covid-19

377 views
0

KALIANDA – Jumlah kasus terkonfirmasi virus Covid-19 di Desa Pulautengah, Kecamatan Palas, Lampung Selatan makin memprihatinkan. Hingga kini, kasus paparan Covid-19 hasil tracing rapid test antigen mencapai 27 kasus.

Seperti yang dilansir Sumselnews.co.id, pada Senin 7 Juni 2021 setidaknya ada 13 warga yang terpapar Covid-19. Kemudian, hari ini 8 Juni 2021 kembali ditemukan kasus baru hasil tracing sebanyak 14 warga dinyatakan positif Covid-19 hasil rapid test antigen.

Kasubag Tata Usaha UPTD Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas, Iksan yang mewakili Kepala UPTD Puskesmas Rosalina mengatakan pihaknya kembali melakukan tracing kepada 22 warga yang sempat kontak erat dengan kasus sebelumnya. Hasilnya terdapat 14 warga yang dinyatakan positif Covid-19 hasil rapid test antigen.

“Iya, hari ini kami kembali melakukan tracing di Desa Pulautengah. Setelah di tracing ada 22 orang yang menjalani rapid test antigan dan hasilnya 14 orang yang reaktif Covid-19,” kata dia.

Dia mengatakan hingga saat ini jumlah Terkonfirmasi virus Covid-19 di Desa Pulautengah mencapai 27 kasus dan masih ditetapkan zona merah. Semua warga yang terpapar sekarang hanya menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

“Semua warga yang reaktif sebagian besar bergejala ringan. Kemudian, semuanya dalam pantauan Tim Satgas Penanganan Covid-19 desa dan Kecamatan,” kata dia.

Sementara itu, Camat Palas Rika Wati mengatakan pihaknya meminta Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Desa Pulautengah untuk dapat melakukan penyekatan dipintu masuk desa. Hal ini untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19 tidak meluas.

“Kami minta untuk segera lakukan penyekatan dan kurangi mobilisasi serta kurangi kerumunan. Kemudian, saya harap warga yang terpapar supaya patuh dalam menjalani isolasi mandiri,” kata dia.

Sebelumnya, Desa Pulautengah, Kecamatan Palas, kini masuk zona merah karena jumlah kasusnya lebih dari enam. “Kalau menurut Inmendagri nomor 9/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19, Desa Pulautengah masuk dalam zona merah,” kata Kepala UPTD Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Palas Rosalina, Senin 7 Juni 2021.

Dia mengatakan Jumlah kasus virus Covid-19 diwilayah kerjanya terus bertambah. Penambahan kasus korona tersebut berdasarkan hasil tracing kasus sebelumnya.

“Ya, sudah dua hari ini kami melakukan tracing di Desa Pulautengah. Total yang kami temukan ada 12 orang yang dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid antigen,” kata dia.

(Sumselnews.co.id/row)