Home Daerah Didesak, BRI Unit Palas Salurkan 200 Kartu Kombo Jelang Idul Fitri 2019

Didesak, BRI Unit Palas Salurkan 200 Kartu Kombo Jelang Idul Fitri 2019

145 views
0

KALIANDA – Dari sekitar 4 ribuan kartu kombo dalam program bantuan pangan non tunai (BPNT) di Kabupaten Lampung Selatan yang belum terbagi oleh bank penyalur, ternyata ada sekitar 200-an keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Palas telah menerima kartu kombo tersebut pada medio Mei lalu melalui BRI unit Palas.

Dari data yang dihimpun, untuk Kecamatan Palas sendiri ada sekitar 515 KPM yang belum menerima kartu kombo. Namun setelah penyaluran 200 kartu pada Mei lalu, maka hanya tingga 315 KPM lagi.

“Data saat ini untuk Kecamatan Palas yang belum tersalur Desa Suka Bakti 38 KPM, Pulau Tengah 28 KPM, Sukaraja 92 KPM, dan Bumi Restu 157 KPM,” terang koordinator tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Palas, Sutris Senin (21/10/2019).

Sutris membenarkan jika sudah ada sekitar 200 KPM yang menerima kartu kombo pada Mei lalu. Menurut dia, kartu kombo itu disalurkan BRI Unit Palas setelah didesak pihaknya untuk segera dibagikan.

“Setengahnya ya maksa juga lah Mas, karena kan sebelumnya kami ada pertemuan di Novotel dalam rangka rapat koordinasi (Rakor) Lampung-Jawa Barat bersama Kemensos RI, BRI pusat, BRI cabang, koordinator TKSK dan Koordinator TKS, bahwa melanjutkan pembagian kartu kombo yang belum terbagi,” imbuhnya.

Menurut Sutris, kartu kombo yang didistribusikan oleh BRI Unit Palas sudah klear. Ada sekitar 315 KPM warga Palas lagi yang belum menerima, karena pendistribusiannya beririsan dengan BRI Unit Penengahan dan BRI Unit Way Panji.

“Jadi waktu itu masih bulan puasa menjelang hari lebaran, saya ketemu dengan pimpinan BRI Unit Palas. Saya mohon supaya kartu kombo yang belum terbagikan untuk dapat segera disalurkan. Alhamdulillah, yang terbagi kurang lebih 200 kartu. Waktu itu mau lebaran bisa cair langsung 7 bulan alangkah senangnya mereka Mas,” ungkap Sutris.

Sementara, Pimpinan BRI Cabang Tanjung Karang, Linton Hutapea saat dihubungi membenarkan jika terdapat irisan di cabang pimpinannya untuk program BPNT di Kabupaten Lampung Selatan. Namun menurutnya walau tidak signifikan, angka KPM yang belum terbagi kartu kombo sudah update.

“Memang ada, tapi saya rasa sudah update angka itu berkurang. Untuk data rincinya belum saya pegang. Nanti hubungi kembali ya,” ujar Linton.

(ricky)