Home Daerah Dinas Pertanian Tubaba Kembangkan Pastisida Nabati dan Jebakan Hama

Dinas Pertanian Tubaba Kembangkan Pastisida Nabati dan Jebakan Hama

20 views
0

TUBABA-Dalam rangka menerapkan program ramah lingkungan yang digalakkan oleh Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad. Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba luncurkan pestisida berbahan dasar alami (Pestisida Nabati).

Hal itu dikatakan Yayit Zamhuri selaku Kepala Bidang (Kabid) Tanaman pangan dan Hortikultural mewakili Samsul Komar selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba.

“Pestisida ini berbahan dasar dari daun tembakau, gadung (sejenis umbi-umbian) dan serai wangi serta daun nimba,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media diruangnya, Rabu, (18/03/2020).

Untuk cara pemakaiannya, semua bahan-bahan tersebut dicampurkan menjadi satu, ditambahkan air secukupnya untuk direbus dan disaring lalu disemprotkan seperti biasanya.

Selain itu kata dia, sejauh ini program tersebut sudah mulai diterapkan di kalangan petani di Kabupaten Tubaba.

“Semua desa di kecamatan Tumijajar sudah menerapkan cara ini sementara untuk Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tulang Bawang Udik hanya beberapa desa saja,” jelasnya.

Selain mengembangkan Pestisida Nabati Dinas Pertanian juga sedang mengembangkan jebakan untuk hama wereng dan rumah burung hantu untuk membasmi hama tikus.

“Langkah lain dari pestisida yakni melalui perangkap hama melalui hewan yaitu burung hantu yang kita buatkan kandangnya di sekitaran sawah,”pungkasnya.(HL)