Home Daerah Dinkes Tubaba Himbau Masyarakat Berperan Aktif Perangi DBD

Dinkes Tubaba Himbau Masyarakat Berperan Aktif Perangi DBD

21 views
0

TUBABA-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat Majril, menghimbau agar masyarakat terus menjaga kebersihan sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit demam berdarah.

Pasalnya, berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinkes setempat, dari bulan Januari hingga Juli 2020, jumlah laporan pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang tercatat mencapai 418 orang pasien, dari sembilan kecamatan se-kabupaten Tubaba.

Majril menuturkan, dari sembilan kecamatan itu, Kecamatan Tulangbawang Tengah lah yang paling banyak mendapat laporan pasien penderita DBD.

Dengan rincian Tulang Bawang Tengah sebanyak 193 orang, Tulangbawang Udik 14, Tumijajar 97, Lambukibang 48, Gunung Terang 19, Batu Putih 5, Gunung Agung 31, Way Kenanga 3 dan terakhir Pagar Dewa dengan jumlah 8 orang.

“Total kasus sampai dengan hari ini 418 penderita DBD,” jelasnya kepada awak media, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin, (13/7/2020).

Untuk itu, dirinya meminta agar seluruh masyarakat dapat menggalakkan berbagai macam program kebersihan di seluruh tiyuh masing-masing agar tidak ada lagi penderita DBD di Kabupaten yang berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai ini.

Dan Kader-kader Jumantik di setiap Tiyuh benar-benar berjalan dan selalu memberikan arahan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan.

”Masyarakat seharusnya berperan aktif dalam pencegahan penyakit DBD yang mematikan ini, seperti, program Jumantik, (Juru Pemantau Jentik) yang ada disetiap tiyuh. Jangan hanya menunggu fogging dari pihak Dinkes maupun Puskes. Dikarenakan fogging itu sifatnya hanya membunuh nyamuk dewasa akan tetapi, tidak membasmi jentiknya. Percuma saja kita fogging tapi masyarakatnya tidak mau menjaga kebersihan lingkungan,” Tutupnya.(HL)