Home Daerah Disuplai PT Pusri, Nanang Ermanto Pastikan Ketersediaan Oksigen di Lamsel Aman

Disuplai PT Pusri, Nanang Ermanto Pastikan Ketersediaan Oksigen di Lamsel Aman

158 views
0

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto pastikan ketersediaan oksigen medis bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Lamsel aman.

Hal itu dapat dipastikan setelah pihaknya melakukan ‘jemput bola’ untuk langsung mendapat bantuan oksigen medis dari produsen di Sumatera Selatan, yakni PT Pupuk Sriwidjaya (Pusri) Palembang melalui program CSR.

“Yang jelas untuk persoalan ini sudah ada jalan keluarnya, tidak perlu ada kekhawatiran lagi. Masyarakat tidak perlu panik, tidak perlu gelisah lagi karena persoalan oksigen yang memang menjadi masalah utama penanganan Covid saat ini, secara berkesinambungan sudah ada kepastian didapatkan,” kata Nanang ketika diwawancarai usai menyerahkan bantuan oksigen medis ke RSUD Bob Bazar SKM Kalianda, Puskesmas Rawat Inap Penengahan, dan Puskesmas Way Urang, Sabtu 24 Juli 2021.

Dia melanjutkan, PT Pusri Palembang pun saat ini telah memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk dapat langsung melakukan isi ulang tabung oksigen medis secara rutin.

“Sebenarnya kebutuhan kita ini 200 tabung per hari, maka saya minta RSUD Bob Bazar untuk menyiapkan tabung supaya tidak terjadi kekurangan oksigen yang akan menimbulkan dampak yang tidak kita inginkan. PT Pusri sudah menyiapkan waktu kapanpun untuk diminta CSR oksigen ini, nanti langsung kita buat kan surat dan langsung mengambil kesana,” imbuhnya.

Dia pun menegaskan supaya RSUD Bob Bazar SKM Kalianda ataupun UPT Puskesmas tidak melakukan pungutan kepada pasien Covid-19 yang menggunakan tabung oksigen medis itu.

“Hari ini untuk RSUD Bob Bazar, Puskesmas Rawat Inap Penengahan dan Puskesmas Way Urang, nanti untuk seluruh kecamatan juga. Ini gratis khusus untuk yang pasien Covid-19, jangan ada jual-beli dan pemungutan-pemungutan,” tegasnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu Ketua DPC PDIP Lamsel ini mengungkapkan akan mengupayakan percepatan vaksinasi ke masyarakat, sebagai upaya meminimalisir penularan virus Corona.

Menurut dia, di luar tenaga kesehatan, sebagai target awal vaksinasi adalah desa-desa yang masuk dalam zona merah yang ada di Lamsel sebagai upaya penularan semakin meluas.

“Minggu depan juga kita bakal dapat tambahan vaksin buat kita vaksinasi ke daerah yang zona merah, itu yang perlu kita tekankan untuk vaksinasi selanjutnya,” tuturnya.

Suami dari Winarni ini mengatakan, bahwa masalah pandemi Covid-19 adalah masalah bersama yang hanya dapat ditanggulangi bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Lamsel.

Untuk itu Nanang atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, meminta partisipasi masyarakat sesuai dengan kapasitas masing-masing untuk memberikan kontribusi dalam penanganan Covid.

“Dengan rasa tanggung jawab, turut disiplin mematuhi protokol kesehatan, ini saya rasa juga merupakan suatu bentuk partisipasi dari masyarakat dalam penanganan dan pencegahan Covid-19,” kata Nanang.

“Kita tidak bisa sendiri, kita harus bersama-sama. Kalau sekarang tokoh-tokoh dapat mensosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat betapa pentingnya prokes, InsyaAllah Covid-19 ini bisa hilang dari bumi pertiwi khususnya di Lamsel. Kuncinya kekompakan dan kedisiplinan kita,” pungkasnya.

(row)