Home Daerah DPRD Lamsel Desak Gugus Tugas Covid-19 Segera Salurkan Bantuan

DPRD Lamsel Desak Gugus Tugas Covid-19 Segera Salurkan Bantuan

219 views
0

KALIANDA – Komisi IV DPRD Kabupaten Lampung Selatan meminta gugus tugas penanganan Covid-19 untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban yang meninggal akibat virus Corona melalui keluarganya yang ikut terdampak. Selain itu, Komisi IV juga menyatakan bantuan tersebut juga diprioritaskan kepada pasien terkonfirmasi positif yang sedang melakukan isolasi mandiri (Isoman).

“Apalagi dilihat dari tingginya angka pasien yang isoman, menurut data terkini hingga mencapai 257 orang. Mereka itu melakukan isolasi, artinya dilarang melakukan aktifitas di luar, apa lagi untuk mencari nafkah,” kata anggota komisi IV Andi Apriyanto melalui sambungan telepon, Jumat 9 Juli 2021.

Menurut Andi, dengan kondisi demikian, maka perlu perhatian dari pemkab dalam hal ini adalah tim gugus tugas dengan segera memberikan bantuan berupa keperluan sehari-hari, baik itu bahan pangan, obat-obatan maupun kebutuhan hidup lainnya . Jika tidak, terus Andi, maka upaya isolasi tersebutĀ  bisa saja akan sia-sia. Karena dalam kasus tertentu, mau tidak mau pasien isoman tersebut akan mencari perbekalan dengan melakukan aktifitas diluar demi memenuhi kebutuhannya, jika kondisinya sudah sangat terdesak.

“Harusnya bantuan bisa segera disalurkan secara bertahap dengan memprioritaskan bantuan ke pasien isoman terlebih dahulu,” imbuh politisi PKS ini.

Lebih lanjut, Andi juga meminta tim gugus tugas dalam penanganan Covid ini untuk bekerja secara kolektif dan bersungguh-sungguh, yakni dengan melibatkan seluruh perangkat sampai ke tingkat RT. Selain itu harus disertai penjelasan yang jelas dan tegas masing-masing tugas perangkat tersebut.

“Seperti penerapan PPKM berskala mikro di wilayah-wilayah desa yang berzonasi merah itu, gugus tugas harus bisa memastikan bahwa penerapan itu benar-benarĀ  dilaksanakan secara tegas dan disiplin yang tinggi. Masalah pandemi ini bukan masalah main-main, resikonya adalah nyawa manusia,” tukasnya.

(row)