Home Pendidikan Dua Bulan Menanti, Bupati Nanang Panen Buah Melon Perdana

Dua Bulan Menanti, Bupati Nanang Panen Buah Melon Perdana

4 views
0

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Sudin, SE didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Bibit Purwanto melakukan panen melon perdana, di Kebun Edukasi, Rumdin Bupati Lampung Selatan, Senin (10/8/2020).

Terlihat pada kegiatan itu, Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dan Istri dari Ketua Komisi IV DPR-RI, Jollin Sumbardi yang ikut serta dalam proses panen melon tersebut.

Buah melon yang ditanam pada 2 bulan terakhir itu, menghasilkan buah yang cukup memuaskan dengan berat rata-rata 5 kilogram per-buah. Bibit Purwanto mengatakan saat itu perawatan tanaman buah melon ini dilakukan dengan membersihkan gulma dan pemberian pupuk yang teratur.

“Perawatannya biasa saja, disiram, dipupuk, tentunya gulmanya juga dibersihkan. Jadi 2 bulan sudah panen untuk buah melon ini, kemarin kita tanam tanggal 10 Juni,” jelas Bibit Purwanto ditengah pelaksanaan panen.

Bibit Purwanto juga menjelaskan bahwa, hasil dari panen melon itu, nantinya akan dipasarkan oleh pedagang setempat, yang telah melakukan kerja sama dengan pihak Pemerintah Daerah dengan harga pasaran sekitar 10-15 Ribu Per-Kilogram.

“Kita sudah kerja sama dengan pedagang, supaya bisa didistribusikan ke pulau jawa atau ke super market, bisa juga dijual disini saja. Harganya jauh beda memang untuk dikirim kesana, dengan harga lokal disini, harga pasarannya kan antara 12-15 ribu per-Kilogram,” ungkap Bibit Purwanto.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan panen raya melon yang dilakukan ini dapat memperkuat ketahanan pangan di Lampung Selatan ditengah masa pandemi covid-19.

“Kali ini kita lakukan panen buah melon dengan jenis Melon Net dan Golden Melon. ini sangat kita harapkan karena dapat memperkuat ketahanan pangan kita ditengah masa new normal pandemi covid-19 ini”, Ujarnya.

“Saya berharap hal ini untuk terus kita lakukan disini, tidak hanya melon disini juga ada semangka, alpukat, cabe, tomat, durian dan lainnya, itu semua untuk masyarakat lampung selatan,” Jelasnya. (Ptm/KMF).