Home Daerah Fondasi Jebol, Pembangunan Jembatan Way Sima Diduga tak Sesuai Spesifikasi

Fondasi Jebol, Pembangunan Jembatan Way Sima Diduga tak Sesuai Spesifikasi

152 views
0

PALAS – Baru berapa pekan dilaksanakan dan melalui proses PHO, Jembatan Way Simah di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan jebol. Jembatan penghubung dari Dusun Kediri Desa Suka Mulya ke Dusun Banyumas Desa Tanjung Sari itu diketahui jebol di pondasi  dan bagian atas talud.

Kegiatan yang dibiayai oleh APBD 2019 sebesar Rp1.075.268.622,-  ini diduga dalam proses pengerjaannya tidak sesuai spek yang telah ditentukan.

Dari pantauan, jebolnya talud diduga dikarenakan fondasi di kerjakan tidak sesuai bestek. Seperti adukan dan volume material hingga pemadatan.

“Bisa kita lihat kondisinya kalau seperti itu, kemungkinan pasangan batu kurang tebal. Minimal yang paling bawah pasangan batu 1 M trap keatas tebal 50CM, adukan semen juga. Ada kemungkinan juga kurang besi,” kata salah seorang kontraktor yang enggan namanya disebutkan, Kamis (2/1/2020).

Dia juga menyoroti bagian atas talud yang jebol. Menurut dia, pekerjaan tanah timbunan tidak dilakukan pemadatan yang maksimal. Sehingga saat musim hujan, tanah jadi padat dan turun.

“Lubang air atau nafas di bagian badan talud dirasa kurang banyak, sehingga air tanah tidak dapat keluar sempurna. Jadi, jika lubang air yang biasanya dari paralon itu banyak dibuat dapat memaksimalkan penyerapan air jika terjadi hujan,” imbuhnya.

Sementara, KUPT Dinas PU Kecamatan Palas, Selamat saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya 0812-7826-44** dalam keadaan tidak aktif. Begitu juga saat mengontak nomor ponsel Plt Kepala Dinas PUPR, Agustinus Oloan Sitanggang tidak dalam keadaan aktif.

Diketahui di papan informasi proyek, kegiatan ini merupakan peningkatan dan pembangunan jalan lingkungan wilayah timur dengan pekerjaan pembangunan jembatan. Nomor kontrak 20/KTR/TMR/BM.II.A/APBD/DPUPR-LS/2019 yang terletak di desa Suka Mulya tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 senilai Rp 1.075.268.622,00. SebagaiPelaksana CV Berkah Mandiri dengan Konsultan Pengawas CV Mitra Paxi.

(row)