Home Daerah Hibahkan Lahan Kantor Desa Sabah Balau, BBHAR Apresiasi Responsibility PTPTN 7

Hibahkan Lahan Kantor Desa Sabah Balau, BBHAR Apresiasi Responsibility PTPTN 7

118 views
0

KALIANDA – Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDIP Lampung Selatan, Merik Havid SH.MH apresiasi atas kepedulian PTPTN 7 dengan memfasilitasi lahan bagi Kantor Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang yang baru saja diresmikan oleh Bupati Lampung Selatan, Hi Nanang Ermanto.

Menurut Merik, dengan berdirinya kantor desa itu, maka pelayanan kepada masyarakat oleh pemerintahan desa dapat maksimal dilaksanakan. Dimana pemerintahan desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada PTPTN 7 dengan menghibahkan lahan sebagai bakal calon balai desa, sehingga sekarang masyarakat desa Sabah Balau dapat memiliki kantor desa sendiri yang cukup respentantif,” ujar lawyer yang berspesialisasi membela Wong Cilik ini, Sabtu 2 April 2022.

Dalam kesempatan itu, Merik juga mengungkapkan harapannya bagi pengusaha lainnya dapat mengikuti jejak PTPTN 7 yang responsibility terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, terus Merik, masayarakat akan menaruh rasa respect yang tinggi ke dunia usaha, yang tidak semata-mata hanya mencari keuntungan saja tanpa peduli masalah sosial di lingkungan.

“Dengan tanggapnya dunia usaha kepada lingkungan setempat, auto akan menciptakan hubungan yang harmonis, baik masyarakat dengan pengusaha maupun juga dengan pemerintah daerah. Karena faktanya semua pihak berdiri diatas prinsip mutualisme simbiosis,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Sabah Balau Pujianto mengaku bersyukur dengan berdirinya kantor desa, yang mana sebagai pusat pelayanan ke masyarakat. Pujianto mengatakan, proses pembangunan kantor desa ini dapat berjalan berkat dukungan seluruh warga desa dan pihak-pihak yang turut terlibat.

“Alhamdulillah Mas, akhirnya kami punya kantor desa sendiri. Dalam kesempatan ini saya haturkan ucapan ribuan terimakasih kepada seluruh warga Desa Sabah Balau, kepada bapak bupati, bapak Nanang Ermanto dan tentunya juga kepada pihak PTPTN 7, yang mana bersedia menghibahkan lahannya untuk pembangunan balai desa ini,” tutur Pujianto di sela-sela acara peresmian kantor desa.

Namun demikian, saat disinggung mengenai beberapa hari sebelumnya dia sempat di demo oleh sejumlah masyarakat terkait dengan pengelolaan DD dan pemberdayaan aparatur desa, Pujianto tanggapi dengan santai.

Menurut Pujianto, hal yang lumrah jika terjadi dinamika di sebuah pemerintahan desa oleh masyarakat setempat. Pujianto mengaku tidak mempermasalahkan dengan aksi oleh sejumlah warga itu di kantor camat setempat tempo hari. Dikatakan Pujianto, masyarakat memang memiliki hak kontrol dalam berjalannya suatu pemerintahan.

Namun demikian, terus Pujianto, aksi kontrol masyarakat itu idealnya dapat dilakukan dengan objektif dengan landasan kepedulian terhadap kepentingan masyarakat banyak, tanpa ada ditunggangi manuver yang bersifat politis dan konflik interst pribadi. Terkait dengan tudingan pelanggaran hukum, Pujianto mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kuasa hukumnya.

“Yo Monggo tho Mass, memang perannya masayarakat seperti itu. Tapi yang penting kan jangan asal tuduh tanpa ada bukti yang jelas. Saya selalu terbuka dengan masyarakat, apalagi ke masyarakat yang memang memiliki kehendak agar pemerintahan desa menjadi lebih baik lagi tanpa embel-embel kepentingan lainnya. Semua masyarakat di desa kami ini juga bisa menilai, apa dan bagaimana kinerja kami selama ini,” tukasnya seraya mengatakan terkait dengan pengelolaan DD pihaknya sudah diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan.

Sebelumnya tadi pagi, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto diketahui meresmikan Gedung baru kantor desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Sabtu (2/4/2022)

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Nanang Ermanto didampingi oleh beberap pejabat terkait di lingkungan Pemkab Lampung Selatan. Adapun, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara simbolis oleh Nanang Ermanto.

Hadir dalam kegiatan itu, Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekobang, Kepala Dinas PMD, Inspekturkab, Kepala Dukcapil, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat beserta Forkopimcam, General Manager PTPN 7, Kepala Desa Se-Kecamatan Tanjung Bintang serta masyarakat desa Setempat

Mengawali sambutannya, Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih kepada PTPN 7 yang telah memberikan fasilitas lahan untuk pembangunan kantor Desa Sabah Balau.

Nanang mengungkapkan, kantor desa merupakan pusat pelayanan masyarakat, sehingga dibutuhkan aparatur yang rajin dan disiplin dalam menjalankan tugas.

“Berdirinya gedung baru kantor desa ini untuk kepentingan masyarakat dalam hal pelayanan. Untuk itu, aparatur desa harus lebih semangat jangan malas-malas dalam melayani masyarakat, suruh ngantor di desa jangan tidak ngantor, jangan maunya nerima gajih aja, manfaatkan gedung kantor yang baru ini untuk melayani masyarakat,” ungkap Nanang.

Nanang berharap, dengan adanya bangunan gedung baru, Pemerintah Desa Sabah Balau dapat melayani masyarakatnya dengan maksimal. “Saya harap pelayanan diutamakan, terlebih dengan hadirnya bangunan gedung baru kantor Desa ini,” ungkap Nanang.“Fungsikan balai desa dengan baik, fasilitas desa sabahbalau sekarang sudah tersedia, tolong Ciptakan suasana yang kondusif tingkatkan kebersamaan dan kekompakan demi desa Sabahbalau yang lebih baik lagi kedepan,” ungkap Nanang lebih lanjut.

Sementara, Kepala Desa Sabah Balau Pujianto mengungkapkan bahwa kantor desa selama ini statusnya masih menumpang dan alhamdulilah dengan telah diresmikanya gedung baru kantor desa Sabah Balau oleh Bapak Bupati pada hari ini, Desa Sabah Balau kini sudah memiliki gedung kantor yang baru, ini menjadi kebanggaan bagi kami selaku pemerintahan desa dan masyarakat desa Sabah Balau.

“Masyarakat menjadi penyemangat bagi kepala desa selaku pemimpin di desa dalam menjalankan roda pemerintahan di desa, dan atas nama pribadi dan pemerintah desa kami mengucapkan terimah kasih kepada pihak PTPN 7, yang telah memberikan fasilitas lahan serta masyarakat yang telah membantu dalam proses pembangunan gedung kantor desa yang baru,” katanya.

(row)