Home Nasional Hindari Kemacetan dan Penumpukan di Bakauheni, Menhub Minta Pemudik Lakukan Rapid Antigen...

Hindari Kemacetan dan Penumpukan di Bakauheni, Menhub Minta Pemudik Lakukan Rapid Antigen di Daerah Asal

74 views
0

KALIANDA – Hindari kemacetan dan penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, minta seluruh pelaku perjalanan yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, melakukan test Rapid Antigen di daerah asalnya masing-masing.

“Ada upaya untuk ¬†menghindari penumpukan terjadi di pelabuhan Bakauheni. Maka penumpang yang akan menyeberang agar melakukan Rapid Antigen di daerah asal keberangkatan,” katanya usai melakukan rakor yang dipimpin Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Danrem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, dan Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Minggu 16 Mei 2021.

Untuk itu, Menhub berharap supaya para Kepala Daerah dan Kapolres yang ada di Pulau Sumatera dapat mensosialisasikan hal itu kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Jawa.

“Kalau dia dari Sumatera Barat ya di Sumatera Barat, kalau Aceh ya Aceh. Kita menghindari penumpukan disini, dan agar mereka tidak terhambat ketika melakukan perjalanan,” imbuhnya.

Menurut Budi Karya, masyarakat tidak perlu khawatir jika dalam perjalanan, surat hasil Rapid Antigen habis masa berlakunya atau lebih dari 1×24 jam. Karena pihaknya telah memiliki cara tersendiri untuk memudahkan masyarakat.

“Silahkan berangkat dengan keadaan sudah di rapid, karena itu akan memudahkan mereka sendiri. Kami akan memberikan jalan yang baik disini, dan insyaallah mereka dapat melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Budi Karya mengungkapkan, terdapat kurang lebih 400 ribu orang yang telah melakukan penyeberangan dari Pulau Jawa ke Sumatera pada beberapa waktu lalu dan dimungkinkan akan kembali ke Pulau Jawa dalam waktu dekat.

“Tentu dihari-hari ini akan ada suatu pergerakan dari Sumatera ke Jawa, dan untuk itu kita melakukan suatu koordinasi yang intens, dan kita mengharapkan proses ini berjalan dengan baik,” tutupnya.

(row)