Home Daerah Juani Ajak Masyarakat Lestarikan dan Jaga Kebersihan Aliran Way Kiri

Juani Ajak Masyarakat Lestarikan dan Jaga Kebersihan Aliran Way Kiri

69 views
0

TUBABA – Tokoh pemuda Tulang Bawang Barat dan juga menjabat ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Juani Bandarsyah mengajak seluruh kalangan masyarakat Tulang Bawang Barat untuk selalu mencintai dan melestarikan sungai beserta ekosistemnya.

“Mengingat sejarahnya sungai batanghari adalah cikal bakal Kehidupan di Megou Pak Tulang Bawang,” ujar Juani, saat ditemui di kediamannya, Jumat (17/01/2020).

Juaini Bandarsyah menjelaskan sungai batangha ri atau sungai way kiri adalah yang berhulu di Wayrarem Lampung Utara. Dahulu sungai Batanghari ini adalah tempat mencari nafkah bukan hanya itu sungai Batanghari ini juga menjadi media tranportasi bagi masyarakat saat itu.

Bahkan saat ini pun masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya menjadi nelayan di sungai batanghari dan tetap menjadikan tempat tranportasi air.

Juaini Badarsyah pun menambahkan sungai batanghari adalah sumber kehidupan turun menurun, maka dirinya cukup iba melihat sungai Batanghari kita sekarang yang sudah menjadi tempat pembuangan sampah kadang saya temui ada pempes anak kecil, plastik dan sampah-sampah lainnya yang membuat aliran sungai kita tercemar.

“Maka dari itu saya mengajak semua kalangan masyarakat mari kita jaga, kita lestarikan dan kembalikan lagi kejayaannya agar tetap menjadi sumber kehidupan masyarakat dengan cara-cara yang modern agar dapat menghasilkan sumber pendapatan yang cukup maksimal. (holidin)