Home Daerah Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Nanang Ermanto Perintahkan Seluruh UPT Kecamatan Gotong-royong

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Nanang Ermanto Perintahkan Seluruh UPT Kecamatan Gotong-royong

55 views
0

KALIANDA – Kasus Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan terus melonjak. Hal ini ditandai dengan bertambahnya 18 desa masuk zona merah penyebaran Covid-19 sehingga menjadi total 30 desa per 4 – 10 Juli 2021. Namun secara umum, Kabupaten Lampung Selatan masuk dalam zona Orange.

Alhasil, Bupati Nanang Ermanto mengerahkan seluruh elemen pemerintahan di tingkat kecamatan seperti Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada untuk turun langsung membantu penanganan penyebaran virus Covid-19.

“Ini seluruh unsur UPT di kecamatan untuk dapat bersinergi bersama Uspika, bersama-sama menanggulangi penyebaran Covid-19. Meski hal ini bukan tupoksi UPT, namun dalam keadaan pandemi seperti ini menjadi tanggung jawab kita semua,” kata Nanang dalam rapat koordinasi melalui virtual meeting dengan Camat beserta Kades, Calon Kades dan para UPT wilayah Kecamatan dan calon kades.

Bahkan dari pantauan, Ketua DPC PDI-P Lamsel ini terlihat mengabsen satu-persatu peserta virtual meeting untuk memastikan instruksinya dapat dipahami secara jelas.

“Jangan sampai ada UPT yang saya ketahui di forum ini mengatakan bersedia, namun dalam prakteknya berbeda, saya pastikan akan mendapatkan sanksi tegas. Ini bukan hanya tugas pak camat atau Dinas Kesehatan, tapi ini tugas kita semua, gotong royong kita. Kuncinya adalah kedisiplinan, komitmen kita, mau enggak kita menegakkan disiplin kita,” imbuh Nanang seraya berjanji akan melakukan sidak secara acak untuk melihat kesigapan di lapangan.

Lebih lanjut dia menambahkan, para calon kepala desa pun harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan pengumpulan massa.

“Sama-sama kita patuhi aturan-aturan yang telah dibuat, jangan sampai kita menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. Cakades juga bisa mensosialisasikan prokes juga, menyelamatkan warganya, peduli dengan desanya, itu baru pemimpin. Jangan sampai tidak jadi Pilkades,” tutupnya.

Sementara, terungkap dalam kegiatan tersebut trend kasus covid-19 mingguan di Lampung Selatan berfluktuasi. Angka kesembuhan dari positif covid sebesar 81,6%, masih dibawah angka nasional sebesar 84,6%. Demikian juga dengan angka kematian. Angka kematian di Lampung Selatan masih cukup tinggi, yakni sebesar 5,2% dan ini masih diatas angka nasional yakni sebesar 2,6%. Sedangkan kasus aktif sebesar 13,2% masih dibawah angka nasional yakni sebesar 14,8%.

Sedangkan 30 desa yang masuk zona merah yakni, Banjarmasin, Klaten (Penengahan), Bakauheni, Sumur, Taman Sari (Ketapang), Bangunan, Bumidaya (Palas), Kalianda, Buahberak, Kedaton, Wayurang, Gunungterang (Kalianda) , Kotaguring (Rajabasa), Sidorejo, Seloretno (Sidomulyo), Sidoharjo (Waypanji), Pemulihan (Waysulan), Tanjungagung, Tarahan, Pardasuka, Rangai Tritunggal (Katibung), Wawasan, Kertosari (Tanjungsari), Wayhuwi, Jatimulyo, Karanganyar, Margomulyo, Margolestari (Jatiagung), Hajimena dan Rulungraya (Natar).

(row)