Home Pendidikan Ketua TP PKK Kab. Lampung Selatan Sambangi & Beri Santunan Pada Penderita...

Ketua TP PKK Kab. Lampung Selatan Sambangi & Beri Santunan Pada Penderita Kanker Payudara di Kelurahan Way Lubuk

9 views
0

KALIANDA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto tunjukan kembali perhatiannya untuk warganya yang membutuhkan.

Hal tersebut dilakukan Winarni saat mengunjungi dua warga Kelurahan Way Lubuk yang menderita kelainan pada payudara, pada Senin (7/3/2022).

Kunjungan pertama Winarni beserta rombongan ke kediaman Uriyah (62) warga Kelurahan Way Lubuk Kecamatan Kalianda yang sudah 2 tahun ini mengidap tumor pada kelenjar payudaranya.

“Kurang lebih sudah hampir 2 tahun, saya pernah berobat ke klinik dan alternatif alhamdulillah kondisi tumornya sudah mengecil,” terang Uriyah.

Sementara, Winarni yang datang bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Jhoniyansyah mengatakan agar ibu Uriyah mendapatkan pelayanan kesehatan secara medis.

“Ibu Uriyah pengobatannya harus rutin ya bu, harus sering dikontrol penyakitnya biar ibu tetap selalu sehat dan bisa benar-benar terbebas dari sakitnya ya bu,” jelas Winarni.

Kemudian kunjungan di lanjutkan pada lokasi ke dua yang masih berada di Kelurahan Way Lubuk.

Rumah ke dua yang di sambangi Winarni adalah kediaman Suntari, salah satu warga yang juga mengidap kelaianan pada payudarannya.

Suntari adalah (34) warga Desa Way Jepara Lampung Timur yang mengidap kanker payudara dimana saat ini tengah tinggal di kediaman orang tuanya di Kelurahan Way Lubuk Kecamatan Kalianda.

Desi selaku Bidan Desa Way Lubuk yang juga menangani Suntari menerangkan, Suntari di diagnosa mengidap kanker payudara sejak 4 tahun lalu dan sudah menjalani operasi pengangkatan namun karena sel kankernya sudah menyebar akhirnya kembali tumbuh.

“Ibu Suntari sudah beberapa kali menjalani operasi dan kemoterapi namun kondisinya semakin lemah,” ungkap Desi.

Lebih lanjut Desi mengatakan, kanker payudara yang dialami Sundari bermula disebelah kiri dan sudah di lakukan pengangkatan.

“Awalnya disebelah kiri dan Sudah 5 kali operasi dan 9 kali kemoterapi dan yang terakhir muncul disebelah kanan itu juga diangkat, kondisinya tangan sakit untuk jalan pun sudah lemah hanya bisa berbaring saja,” jelas Bidan Desa tersebut saat ditemui di lokasi.

Pada kesempatan tersebut, Winarni memberikan motivasi dan semangat kepada penderita kelainan payudara yakni Ibu Uriyah dan Suntari dalam menjalani pengobatan untuk tetap menjaga kesehatannya.

Tak lupa, Winarni juga mendoakan Uriyah dan Sundari agar diberi kesembuhan oleh Allah SWT.Dalam Kunjungannya, Winarni juga memberikan bantuan berupa bahan pokok dan santunan kepada Uriyah dan Suntari.

“Ini ada bantuan dari Bapak Bupati kita, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk ibu dan Keluarga jangan lupa tetap jaga kesehatan ya,” tutup Winarni.(kmf).