Home Daerah Kotak Kosong Raih Suara Terbanyak, Pemkab Lamsel Tunjuk Pj Kades

Kotak Kosong Raih Suara Terbanyak, Pemkab Lamsel Tunjuk Pj Kades

899 views
0

KALIANDA РKepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Lampung Selatan, Agus Heryanto mengungkapkan langkah pemerintah daerah  menyikapi hasil pilkades Babulang Kecamatan Kalianda yang digelar Kamis 28 Oktober 2021 kemarin. Menurut Agus, dengan situasi di Desa Babulang tersebut, maka pemerintah daerah dalam hal ini adalah Bupati Lampung Selatan akan melakukan pengangkatan penjabat kepala desa dari unsur PNS untuk desa tersebut.

Hal ini menurut Agus sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 32 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati No 12 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa tahun 2021.

“Terkait dengan situasi pilkades di Desa Babulang, masalah itu tercover di dalam pasal 57 (2a) dan (2b). Bahwa, calon kades meninggal dunia sebelum hari pemungutan suara dan hanya menyisakan 1 calon kepala desa, dan apabila calon kepala desa yang meninggal dunia tersebut yang meraih suara terbanyak pada saat pemungutan suara, maka Bupati mengangkat PNS dari pemerintah daerah sebagai penjabat kepala desa,” terang Agus, Jumat 29 Oktober 2021.

Sebelumnya, pilkades di Desa Babulang sempat menjadi perhatian publik. Betapa tidak, kemenangan kotak kosong menekuk suara petahana sebagai calon tunggal dengan nomor urut 2, Iskandar Sahad meraih hanya 370 suara. Sedangkan kotak kosong yang calon kepala desanya meninggal dunia  malah meraih 417 suara. Unggul 47 suara.

Untuk diketahui, Desa Babulang telah menetapkan 2 calon kades yang akan berlaga dalam pilkades serentak pada Oktober 2021 ini. Namun demikian calon kades nomor urut 01 Suherman, beberapa bulan sebelum hari pemungutan suara diketahui wafat. Alhasil, calon petahana Iskandar Sahad dengan nomor urut 02 melaju sebagai calon tunggal dengan lawan kotak kosong.

Dari hasil penghitungan suara di 2 TPS Desa Babulang, Iskandar Sahad memperoleh 370 suara. Sementara kotak kosong memperoleh 417 suara.

Rinciannya, TPS 1 nomor urut 1 (kotak kosong) 237 suara, nomor urut 2 159 suara. Kemudian di TPS 2, nomor urut 1 (kotak kosong) 180 suara, nomor urut 2 211 suara.

Dari pantauan, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bersama unsur forkopimda bahkan terlihat terjun langsung memantau pilkades di desa ini.

Untuk diketahui, Kabupaten Lampung Selatan sesuai jadwal menggelar pilkades serentak gelombang I dengan 84 desa dari 17 kecamatan pada Kamis 28 Oktober 2021 kemarin.

(row)