Home Daerah KWT Darma Tani Ambarawa, Panen Raya Bawang Merah

KWT Darma Tani Ambarawa, Panen Raya Bawang Merah

99 views
0

 

Panen raya bawang merah jenis lokananta di KWT Darma Tani, Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa

AMBARAWA – Jajaran Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pringsewu, panen raya bawang merah jenis lokananta di Kelompok Wanita Tani (KWT) Darma Tani di Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan panen raya dihadiri Kepala UPTD Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Pringsewu, Nurhasanah, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Distan Pringsewu Dwi Sulistiono, POPT Kecamatan Ambarawa, Petrus serta para PPL (penyuluh pertanian lapangan).

Kabid TPH Distan Kabupaten Pringsewu Dwi Sulistiono dikonfirmasi wartawan lampungraya.id., usai acara menjelaskan, pengembangan bawang merah merupakan salah satu komoditas dan program di Kementerian Pertanian guna mengimbangi inflasi.

“Untuk di Kabupaten Pringsewu, kita laksanakan melalui KWT dengan menggunakan media polyback. Alhamdulilah, secara umum, KWT penerima program ini sudah bisa menguasai teknik budidaya”, ucap Dwi, Kamis (06/02/2020)

Dwi mengemukakan, umumnya budidaya bawang merah selama dilakukan diatas lahan yang cukup luas. Namun lanjut Dwi, budidaya bawang merah melalui media polyback yang dilaksanakan, bertujuan guna mendorong pemanfaatan pekarangan.

“Ini merupakan program kegiatan di tahun 2019. Nantinya, KWT pelaksana program ini akan kita seleksi dan dorong menjadi penangkar bawang merah di kabupaten pringsewu ini”, kata Dwi.

Sementara itu, Ketua KWT Darma Tani, Tri Susiati mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Kami merasa senang dengan adanya bantuan program ini. Harapannya kedepan, bimbingan dan pendampingan bisa terus diberikan oleh Dinas pertanian pringsewu”, ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, adapun KWT penerima bantuan program pemanfaatan pekarang, jumlahnya sebanyak 15 KWT.

Dari 15 KWT ini, tersebar di Kecamatan Pringsewu, Gadingrejo, Ambarawa, Pardasuka, Pagelaran, Sukoharjo, Banyumas dan Adiluwih. (Ful)