Home Daerah Lampung Selatan Tuan Rumah Pekan Daerah KTNA Ke-XVI Tingkat Provinsi Lampung

Lampung Selatan Tuan Rumah Pekan Daerah KTNA Ke-XVI Tingkat Provinsi Lampung

24 views
0

KALIANDA – Kabupaten Lampung Selatan dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) ke-XVI tingkat Provinsi Lampung tahun 2019.

Informasi itu terungkap dalam rapat persiapan dan ekspose pelaksanaan kegiatan Peda KTNA antara tim dari Provinsi Lampung bersama tim dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, yang digelar di Aula Krakatau, Kantor Bupati setempat, pada Kamis (27/6/2019).

Rapat yang dipimpin Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Kabupaten Lampung Selatan, Mulyadi Saleh, dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtilkutura Pemerintah Provinsi Lampung Achmad Crisna Putra, dan Kepala KTNA Provinsi Lampung H. Kaslan.

Turut hadir, Ketua KTNA Lampung Selatan M. Amin Syamsudin, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtilkutura dan Perkebunan Pemkab Lampung Selatan Zailani Bura, serta sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi menyatakan, Kabupaten Lampung Selatan siap menyukseskan pelaksanaan Peda KTNA ke-XVI. “Intinya kami siap sebagai tuan rumah, masalah tempat acara, home stay semuanya sudah kami siapakan,” kata Mulyadi.

Untuk itu, dirinya berharap, agar semua pihak yang terkait dapat bekerjasama guna susksesnya pelaksanaan Peda KTNA tersebut.

“Saya harap semua pihak yang terlibat saling bahu membahu demi kelancaran acara ini. Nanti secepatnya, kita juga akan laksanakan rapat teknis untuk membahas lebih detail tugas masing-masing panitia yang telah dibentuk,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Achmad Crisna Putra mengatakan, Peda KTNA ke-XVI tahun 2019 dilaksanakan berdasarkan program kerja KTNA Provinsi Lampung tahun 2016-2021.

“Dari kesepakatan Rembug Utama KTNA Provinsi Lampung pada saat Peda KTNA tingkat provinsi di Tulang Bawang tahun 2016, menetapkan Kabupaten Lampung Selatan sebagai tuan rumah Peda KTNA selanjutnya,” ungkap Crisna Putra.

Lebih lanjut Crisna Putra menerangkan, acara yang akan dihadiri sekitar seribu kontingen petani-nelayan dari kabupaten/kota se-Provinsi Lampung itu, akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Juli hinga 18 Juli 2019 di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

“Rencananya acara ini akan langsung dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Junaidi di Lapangan Cipta Karya Kalianda tanggal 15 Juli 2019,” ujar mantan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung ini.

Sedangkan, tujuan pelaksanaan Peda KTNA itu, adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan, dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, dan berkelanjutan.

“Secara khusus, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian KTNA, menguatkan kelembagaan KTNA, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KTNA, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan, serta persiapan untuk mengikuti Penas di Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 mendatang,” tuturnya.

(Heri)