Home Pendidikan Lomba Mural Dilaksanakan 26-27 Agustus 2020, Pendaftaran Dibuka Besok

Lomba Mural Dilaksanakan 26-27 Agustus 2020, Pendaftaran Dibuka Besok

4 views
0

KALIANDA,– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menyediakan wahana bagi masyarakat yang memiliki ketertarikan terhadap seni mural.

Lomba mural atau melukis diatas media dinding di Kebun Edukasi yang berada di areal rumah dinas bupati Lampung Selatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus hingga 27 Agustus 2020.

Kepastian itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Thomas Amrico dalam rapat panitia lomba mural dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, Jumat (14/8/2020).

“Lomba ini dilaksanakan dalam dua tahap, yakni pada tanggal 26-27 Agustus 2020 di Kebun Edukasi rumah dinas bupati. Dalam pelaksanaannya kita tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Thomas menyampaikan, lomba mural akan diikuti oleh pelajar tingkat SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi dan umum. Dengan kuota peserta sebanyak 980 peserta. Rinciannya, SMP 500 peserta, SMA/SMK 160 peserta, perguruan tinggi 80 peserta, dan umum 240 peserta.

Nantinya, kompetisi itu akan dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota maksimal untuk SMP 5 orang, SMA/SMK maksimal 4 orang, perguruan tinggi dan umum maksimal 4 orang.

“Kita sediakan 100 bidang untuk SMP sederajat, 40 bidang untuk SMA sederajat, perguruan tinggi 20 bidang dan untuk umum 24 bidang. Jadi jumlah peserta yang akan mengikuti sebanyak 980 peserta,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan, Kamisan menambahkan, pendaftaran lomba mural dibuka mulai Sabtu, 15 Agustus hingga 26 Agustus 2020. Untuk waktu lomba akan dilaksanakan dari 26-27 Agustus 2020.

“Cara pendaftaranya secara umum bisa datang ke Dinas Pendidikan atau melalui unit masing-masing. Seperti SMP bisa langsung temui Kasi Prestasi di Dinas Pendidikan. Kalau SMA/SMK ada MKKS, untuk SMA di SMAN 2 Kalianda dan SMK di SMKN 1 Kalianda. Sedangkan perguruan tinggi bisa temui Pak Nur Syamsi dosen STAI YASBA Kalianda,” terang Kamisan.

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah mengupayakan pendaftaran secara online guna menghindari kontak fisik secara langsung. “Untuk online sedang kita upayakan. Bisa lewat email atau lainnya. Kita utamakan warga Lampung Selatan dulu dengan melampirkan KTP,” tambahnya.

Kamisan juga mengungkapkan, pihaknya menyediakan hadiah jutaan rupiah untuk pemenang juara 1, 2, 3, serta juara harapan.

“Hadiahnya untuk setiap tingkatan masing-masing juara 1 Rp.5 juta, juara 2 Rp.3 juta, dan juara 3 Rp.2 juta. Ada juga juara harapan 1,2, dan 3,” kata mantan Sekretaris BKD ini.

Disisi lain, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Akar Wibowo meminta semua pihak terkait untuk saling bekerjasama dan menyukeskan agenda tersebut. Mulai dari kesiapan lokasi lomba hingga penyelenggaraan lomba agar dapat berjalan dengan baik.

“Lokasinya kan ada di kebun, jadi jangan sampai saat lomba, tanaman jadi terinjak. Dinas kesehatan juga harus menyiapkan ambulance, paling tidak satu. Karena semua kita laksanakan dengan protokol COVID-19,” tukas Akar Wibowo. (Kmf)