Home Daerah Madu Trigona Faperta UMKO Kaya Kandungan Nutrisi

Madu Trigona Faperta UMKO Kaya Kandungan Nutrisi

12 views
0

KOTABUMI – Peternakan lebah madu Trigona merupakan salah satu budidaya yang diterapkan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO).

Sebab, Madu yang dihasilkan memiliki kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMKO, Ratih disela sela pemantauan penangkaran lebah madu Trigona di Kampus setampat, Selasa (10/3/2020)

Dijelaskannya, Peternakan madu Trigona memiliki berbagai macam tujuan salah satu nya segi akademis. ” Akedemisnya menjadi praktikum mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan. Nanti, diharapkan UMKO bisa menjadi Bank data bagi para peternak madu khusus madu trigona, ” Kata dia.

Kegiatan yang sudah berjalan saat ini, mahasiswa diminta setiap hari untuk mengamati perkembangan madu dan sarananya seperti apa sehingga nanti menjadi reprensi reprensi data yang valid. ” Jadi bila ada masyarakat yang ingin beternak lebah trigona bisa menjadikan UMKO tempat untuk berkonsultasi, ” Jelasnya.

Sementara Rektor UMKO Sumarno mengatakan Penangkaran lebah Trigona dipergunakan untuk praktek Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan yang sejalan dengan visi UMKO yang secara singkat menjadi universitas tekno penerbit islami unggul berbasis kearipan lokal

” Madu ini bisa dijadikan pengobatan alternatip, dan kalau ini sukses bisa menjadi ladang bisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan khusus Program Studi Agribisnis, ” ujarnya.

Harapannya bisa memberikan kompetensi bisnis teknologi kepada mahasiswa dan kita akan menjadikan bisnis sesuai dengan syari’ah islam.

Diketahui, Fakultas Pertanian Dan Peternakan UMKO memiliki 10 Lok lebah madu trigona. Saat ini, baru 1 lok yang baru menghasilkan madu.