Home Daerah MAN 1 Pringsewu Juara 1 Lomba Rabana PSR Regional Sumatera-Jawa

MAN 1 Pringsewu Juara 1 Lomba Rabana PSR Regional Sumatera-Jawa

102 views
0
Group Rabana MAN 1 Pringsewu yang berhasil tampil memukau di PSR regional Sumatera-Jawa di UIN Lampung
Group Rabana MAN 1 Pringsewu yang berhasil tampil memukau di PSR regional Sumatera-Jawa di UIN Lampung

PRINGSEWU – Prestasi gemilang ditorehkan Grup Rebana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu, yang berhasil meraih juara I, pada ajang Perkemahan Songsong Ramadhan (PSR) ke-31 yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Kali ini, grup rebana madrasah ini berhasil meraih prestasi ditingkat regional Sumatera dan Jawa, pada kegiatan yang diikuti oleh 700-an anggota pramuka.

“Kegiatan ini diikuti oleh 35 pangkalan sekolah dan madrasah dari berbagai provinsi di Sumatera dan Jawa. Pangkalan MAN 1 Pringsewu mengirimkan 1 sangga putra dan 1 sangga putri. Alhamdulillah, kita berhasil menjadi juara I di perlombaan rebana,” jelas Melistiyowati, Pembina Putri Gudep MAN 1 Pringsewu Sabtu (27/4).

Menggenapi raihan prestasi, duta MAN 1 Pringsewu juga berhasil meraih juara harapan 2 lomba lintas alam pada kegiatan tahunan yang dilaksanakan mulai 21-25 April 2019.

Dalam PSR tahun ini, Gudep MAN 1 Pringsewu memang harus berjuang dengan mental dan fisik yang lebih dari tahun-tahun biasanya.

Sebab, sejak awal perkemahan, hujan terus mengguyur lokasi perkemahan di Lapangan Kampus UIN Raden Intan di kawasan Sukarame, Bandarlampung.

Namun kondisi itu tidak mematahkan semangat para anggota untuk mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari giat bakti, giat umum, giat penunjang dan berbagai lomba.

Dalam rangka memperkenalkan potensi wisata yang ada di Lampung, panitia juga mengajak peserta melakukan studi wisata bahari dan satwa ke Way Kambas dan Puncak Mas.

Kepala MAN 1 Pringsewu H Almadi menilai, kegiatan PSR yang diikuti peserta didiknya merupakan kegiatan yang sangat positif.

Dimana, kegiatan juga dapat menjadi ajang silaturahmi dalam menjaga kekompakan diantara gerakan Pramuka.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mendidik generasi muda memiliki daya saing dengan dasar darma pramuka. Selain itu juga, membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme,” ungkap Almadi.

Almadi juga berharap, prestasi yang diraih akan memberikan memotivasi bagi peserta didiknya guna meraih prestasi di ajang lomba yang akan diikuti.

“Kita memang rutin mengikutsertakan siswa yang memiliki talenta pada berbagai ajang lomba. Ini merupakan komitmen madrasah dalam mendukung dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa,” ujar Almadi. (*/Ful)