Beranda Daerah Meriahkan HUT Ke-10 Pringsewu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Gelar Lomba Bercerita

Meriahkan HUT Ke-10 Pringsewu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Gelar Lomba Bercerita

41 views
0
Tirta Sari Lintang Pramono, salah seorang peserta lomba bercerita, siswi kelas III SDN 1 Patoman Kecamatan Pagelaran sedang menyampaikan materi tentang asal usul nama lampung

 

PRINGSEWU – Meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-10 Kabupaten Pringsewu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Negeri dan Swasta se Kabupaten Pringsewu di Aula Kantor Banpol PP Kabupaten Pringsewu, Rabu (20/02/2019).

Kegiatan juga dimaksudkan dalam rangka pembinaan guna memupuk budaya baca di kalangan siswa.

Legiono, SPd, MM., Kasie Perpustakaan, Pengembangan Baca pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pringsewu saat dikonfirmasi wartawan lampungraya.id., mengatakan, peserta lomba berasal dari 19 sekolah asal sembilan kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

“Setelah melalui proses penjurian, nantinya akan kita ambil juara 1,2,3 serta harapan 1 dan 2. Masing-masing dari pemenang ini akan mendapatkan sertifikat, piala dan uang pembinaan”, jelas Legino.

Menurut Legino, materi cerita yang dipresentasikan oleh peserta, merupakan cerita atau legenda asal lampung. Sebab lanjut Legino, lomba juga memiliki tujuan guna mengembangkan budaya lampung.

“Masing-masing dari peserta diberikan waktu selama 20 menit guna menyampaikan materinya. Bagi juara 1 lomba ini, nantinya akan mewakili kabupaten pringsewu ke tingkat propinsi lampung”, papar Legino.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pringsewu Dra.Hj.Nur Kuncahyo saat dikonfirmasi menjelaskan, kalau lomba bercerita ini sudah menjadi agenda di setiap tahunan.

“Tahun 2017 lalu, peserta dari pringsewu berhasil mewakili proponsi lampung di tingkat nasional. Kemudian, di tahun 2018 lalu, peserta asal pringsewu berhasil keluar sebagai juara kedua tingkat propinsi lampung”, urainya.

Adapun beberapa dari materi yang dibawakan oleh peserta diantaranya Legenda Danau Ranau, Buaya Perompak, dan Asal Usul Nama Lampung. (Ful)