Home Daerah Nanang Ermanto Hadiri Rakor BNPB se-Indonesia di Surabaya

Nanang Ermanto Hadiri Rakor BNPB se-Indonesia di Surabaya

21 views
0

SURABAYA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menghadiri rapat koordinasi (rakor) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) se-Indonesia tahun 2019.

 

Acara yang digelar di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan, Sabtu (2/2/2019).

 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamsel Wahyu Hidayat mendampingi Kepala BPBD Lamsel I Ketut Sukerte mengatakan, terdapat enam poin penting yang disampaikan Presiden RI Jokowi dalam arahannya.

 

Pertama, Jokowi menegaskan, perencanaan pembangunan di daerah, terutama tata ruangnya harus mematuhi zonasi rawan terkena bencana serta memperhatikan aspek pengurangan risiko bencana.

 

Pemerintah daerah juga diminta harus tegas terhadap daerah mana yang rawan bencana sehingga tidak boleh ditinggali manusia dan mana daerah yang aman.

 

Kemudian, dalam perencanaan pembangunan, pemerintah daerah juga diminta untuk melibatkan pakar serta ahli kebencanaan. Sehingga dapat mengetahui betul mana daerah yang rawan bencana alam dan mana yang dapat ditempati manusia.

 

Tujuannya, supaya masyarakat mampu untuk memprediksi ancaman dan mengantisipasi serta mengurangi dampak bencana.

(kmf)