Home Daerah Nanang Ermanto Hadiri Rakor Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Selat Sunda

Nanang Ermanto Hadiri Rakor Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Selat Sunda

23 views
0

JAKARTA, Diskominfo Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menghadiri rapat koordinasi penanganan dampak dan tindak lanjut kesiapsiagaan potensi bencana di Selat Sunda, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Jumat (11/1/2019).

 

Rapat yang dipimpin Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Sony Harry B Harmadi, menindak lanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait bencana tsunami Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda beberapa waktu lalu.

 

Sony mengatakan, upaya percepatan dalam penanganan bencana terus dilakukan, sebagaimana arahan Presiden Jokowi agar warga terdampak bencana terpenuhi kebutuhan dasarnya dan terlindungi oleh negara.

 

Sony juga meminta, Kepala Daerah untuk menyiapkan lahan sebagai lokasi untuk membangun kembali rumah-rumah warga yang hancur akibat tsunami Selat Sunda.

 

“Segera bangun rumah tetap di Lampung Selatan dan Pandegelang. Juga untuk rumah sementara karena akan dilakukan kajian,” kata Sony mengutip instruksi Presiden Jokowi.

 

Selain itu, Sony menambahkan, Presiden juga menginstruksikan penataan ruangan di kawasan rawan bencana untuk mengurangi resiko apabila terjadi bencana. “Disamping itu, kita juga perlu menyiapkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,” katanya.

(kom)