Home Daerah Palgunadi : Bulan Bung Karno, Spirit Pancasila Gotong Royong harus Dibumikan

Palgunadi : Bulan Bung Karno, Spirit Pancasila Gotong Royong harus Dibumikan

21 views
0
Jajaran Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pringsewu saat menggelar acara bulan Bung Karno di sekretariatnya di Jalan Raya Gumukrejo, Pagelaran

PRINGSEWU – Ada momentum penting pada Bulan Juni, hingganya bulan ini cukup keramat bagi keluarga besar PDI Perjuangan.

Dimana, gagasan besar Pancasila dilahirkan pada tanggal 1 Juni 1945. Selanjutnya, 6 Juni Bung Karno dilahirkan dan tepat pada tanggal 21 Juni 1970, peletak pondasi Pancasila itu tutup usia.

Memaknai peristiwa tersebut, PDI Perjuangan sebagai penerus pemikiran dan gagasan Bung Karno, menyelenggarakan rangkaian kegiatan dengan memanfaatkan media daring.

“Tujuan dari semua kegiatan itu yakni guna mengingat dan membumikan pemikiran Bung Karno kedalam sendi-sendi kehidupan masyarakat. Spirit Pancasila : gotong royong menghadapi pandemi Covid -19 merupan pemikiran Bung Karno sejak sebelum kemerdekaan”, jelas Palgunadi, STP,. Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pringsewu dalam kesempatan konfrensi pers di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pringsewu, di Jalan Raya Gumukrejo, Kecamatan Pagelaran, Minggu (21/06/2020).

Menurut Palgunadi, peringatan Bulan Bung Karno di tengah-tengah pandemi Covid-19, justru memberikan ruang bagi semua kalangan dan juga kaum muda untuk mengekspresikan ide dan gagasannya.

Dimana lanjut Palgunadi, peringatan Bulan Bung Karno ditujukan untuk memberikan keyakinan, bahwa dengan modal kekuatan sendiri, kita mampu menghadapi pandemi ini.

“Dengan semangat solidaritas dan gotong royong, pandemi yang mewabah mengingatkan kita untuk senantiasa berdikari sebagai bangsa. Berdikari di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertanahan dan keamanan”, papar Palgunadi.

DPC DI Perjuangan Pringsewu sebut Palgunadi, dalam rangka haul Bung Karno ke-48 dan merayakan bulan Bung Karno, menyelenggarakan beragam kegiatan seperti pembuatan video pendek dan dokumenter, tanggapan akan hari lahir Pancasila.

“Ada juga lomba pantun, pertunjukan wayang serta penyebaran banner di delapan titik, guna menyosialisasikan nilai-nilai luhur dari spirit Pancasila. Kedepan, PDI Perjuangan Kabupaten Pringsewu akan memanfaatkan media sosial sebagai wahana penyebaran spirit nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila”, terang Palgunadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung Yanwar Irawan, serta jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pringsewu dan juga para kader. (Ful)