Home Daerah Polres Lamsel Tanam Ragam Pohon Dan Terumbu Karang di Pulau Mengkudu

Polres Lamsel Tanam Ragam Pohon Dan Terumbu Karang di Pulau Mengkudu

56 views
0

LAMPUNG SELATAN – Peduli penghijauan Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan beserta Bhayangkari lakukan kegiatan penanaman beberapa jenis tanaman pantai di pinggir Pulau Mengkudu, Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, kamis (9/1/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisir dampak dari pada bencana alam, karena pulau Mengkudu ini adalah salah satu tempat destinasi wisata bahari yang terdampak tsunami di kabupaten Lampung selatan.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo S.H,S,ik,M.M mengungkapkan, pada hari ini kami keluarga besar Polres Lampung selatan beserta Bhayangkari, Bhabinsa, Camat Bakauheni, kelompok peduli wisata dan dihadiri artis putra Lampung Andika Mahesa mantan vokalis kangen band, lakukan kegiatan penghijauan dengan menanami beberapa jenis pohon ditepi pantai dan penanaman terumbu karang.

“Untuk pohon yang kami tanam diantaranya, pohon mangrove, cemara laut, ketapang, mutun, cemara udang dan beberapa pohon lainnya”.Ungkap Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo.

Untuk kedepan, lanjut Kapolres AKBP Edi Purnomo, diharapkan penanaman mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai Lampung selatan. Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat lampung selatan untuk bersama-sama menjaga ekosistem laut.

“Memperbanyak tanam mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang sama halnya dengan meminimalisir dampak bencana alam, Mangrove merupakan benteng alami untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pantai serta dapat meredam gelombang Tsunami,”pungkas Kapolres.

Di tempat yang sama, Andika Mahesa juga mengatakan, kalau saya melihat pantai di Lampung ini sangat bagus.

“Ini kegiatan diadakan dengan kapolres dan wakapolres beserta jajarannya untuk melakukan penghijauan, yakni dengan menanami mangrove dan beberapa jenis lainnya, serta penanaman terumbu karang, harusnya masyarakat senang dan ikut peran dalam menjaga ekosistem pantai supaya tidak rusak,”tuturnya.

“Saya sendiri sangat senang diajak untuk melakukan kegiatan positif yang bersifat membangun apalagi di daerah kelahiran saya sendiri di Lampung,”tambah Andika atau sering disebut dengab panggilan akrabnya babang tampan.

Andika berharap kegiatan ini tidak berhenti disini saja. “saya berharap untuk warga masyarakat khususnya lampung selatan untuk bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem pantai, jangan membuang sampah sembarangan baik itu sampah pelastik maupun sampah lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pantai,”ujarnya.

“Selain itu juga untuk pengunjung pantai pulau mengkudu harus berhati-hati ketika melakukan snorkling supaya terumbu karang yang baru saja ditanam tidak rusak. Indahnya pantai ini adalah bagaimana kita menjaganya,”tukas Andika. (her)