Home Daerah Putus Matarantai Penyebaran Covid-19, Panggungrejo Alokasikan Anggaran Rp54.860.000

Putus Matarantai Penyebaran Covid-19, Panggungrejo Alokasikan Anggaran Rp54.860.000

14 views
0
Tim Gugus Tugas Covid-19 Pekon Panggungrejo saat melakukan penyemprotan tempat ibadah

SUKOHARJO – Dengan memanfaatkan anggaran sebesar Rp54.860.000., dari pos anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 tahap I untuk kegiatan bidang tak terduga.

Pemerintah Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu membentuk Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 serta mendirikan dua posko.

Posko I berada di Jalan Kapten CPM Suratno, tepatnya disamping Monumen Tugu Gajah Mada, Dusun II RT 03. Sementara, Posko II di Jalan Kapten CPM Suratno, tepatnya di dekat Jembatan Penghubungan antara Panggungrejo-Mataram.

Kepala Pekon Panggungrejo, Supartono, kepada wartawan lampungraya.id, Rabu (22/04/2020) menjelaskan, personil dalam Gugus Tugas Covid -19 Panggungrejo, melibatkan 30 orang perwakilan dari unsur perangkat pekon, Kepala Dusun, BHP, Linmas, Karang Taruna, serta Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Dari anggaran itu, kita gunakan untuk pembelian sejumlah perlengkapan dan alat pelindung diri (APD). Selain itu, membeli tower air, cairan disinfektan berupa cairan pemutih (byclen), cairan carbon (wipol) dan cairan lantai”, jelas Supartono.

Penyerahan cairan disinfektan kepada warga dari tim gugus tugas covid-19 panggungrejo

Selain digunakan untuk pembelian peralatan seperti thanky handsprayer, APD dan cairan disinfektan lanjut Supartono, dana juga dimanfaatkan guna menunjang kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19.

“Kegiatan sosialisasi ini berupa pembuatan baliho dan banner imbauan akan pencegahan Covid -19, serta leaflet. Dana juga kita gunakan untuk operasional gugus tugas dalam menjalankan tugas di lapangan”, sebut Supartono.

Menurut Supartono, pihaknya juga mengadakan sarana CTPS (cuci tangan pakai sabun) yakni berupa alat atau tempat cuci tangan, sabun antiseptik serta tisue.

“Masing-masing dari itemnya ada sebanyak 25 buah dan kita tempatkan pada masjid, pura, gereja, kantor pekon, balai kemasyarakatan, posyandu serta di dua posko. Kita juga mengadakan Rumah Isolasi sebanyak satu unit”, papar Supartono.

Sementara itu, berdasarkan salinan data item barang yang dibeli guna menunjang Gugus Tugas Covid-19 Pekon Panggungrejo di lapangan, diantaranya tanky handsprayer (semprot) sebanyak delapan (8) buah.

Kemudian, sepatu boat delapan (8) buah, jas alat pelindung diri delapan (8) buah, sarung tangan karet delapan (8) buah, masker kain sebanyak 2000 buah, thermogan (1 unit), mesin steam penyemprot air 1 unit, serta tower air (1) buah.

Penjadwalan penyemprotan pertama sudah dilakukan dengan sasaran tempat umum, tempat ibadah dan rumah warga.

Penyemprotan kedua dilaksanakan pada Senin (13/04/2020) dilakukan Satuan Gugus Tugas, dengan sasaran tempat ibadah dan tempat umum.

“Untuk kegiatan pencegahan lainnya yakni berupa pembagian masker ke rumah-rumah warga dan masyarakat umum yang melintas dan masuk wilayah pekon panggungrejo”, terang Supartono. (Ful)