Home Daerah Sejarah Kolonisasi Pringsewu Didokumentasikan dalam Bentuk Naskah dan Video Dokumenter

Sejarah Kolonisasi Pringsewu Didokumentasikan dalam Bentuk Naskah dan Video Dokumenter

17 views
0

PRINGSEWU,LAMPUNGRAYA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat bekerjasama dengan Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia luncurkan Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumenter Masa Kolonisasi Pringsewu.

Peluncuran naskah dan arsip bernilai sejarah ini dilakukan Bupati Pringsewu Sujadi di Ballroom Hotel Urban Pringsewu, Selasa (22/12/20).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir.Ferynia, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Masykur Hasan beserta beberapa kepala OPD, tokoh akademisi Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo, M.Sc. dan Dr.Farida Ariyani, M.Pd., penggiat sejarah, Arman AZ serta tokoh adat Pubiyan Margakaya – Pringsewu, Khaidir Arif sebagai narasumber.

Sujadi dalam sambutannya mengatakan, pembuatan dokumentasi sejarah menjadi penting serta menjadi pondasi utama dalam membangun sebuah bangsa. Sebab, menghormati sejarah adalah bagian dari budi pekerti.

Dalam rangka penyelamatan arsip sejarah tentang masa kolonisasi Pringsewu, lanjut Sujadi, diperlukan penelusuran serta penggalian mendalam.

Selain itu, sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sebut Sujadi, arsip kini tak hanya disajikan dalam bentuk dokumen konvensional, namu juga dalam bentuk teknologi diantaranya video dengan audio visual sehingga akan lebih menarik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pringsewu Ir.Suheriyanto, LN, mengatakan, tujuan diluncurkannya naskah sumber arsip dan video dokumenter dalam rangka menyelamatkan arsip yang bernilai sejarah serta sebagai sumber informasi valid, sekaligus mewujudkan Pringsewu sebagai kabupaten yang peduli sejarah. (*/sae)