Home Daerah Siswi MAN 1 Pringsewu Juara 1 Lomba Duta Fe Remaja

Siswi MAN 1 Pringsewu Juara 1 Lomba Duta Fe Remaja

124 views
0
Yunita Rahma didampingi Rosyidah usai menerima piala sebagai juara 1 Lomba Duta Fe Remaja Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU – Kembali, siswi MAN 1 Pringsewu berhasil mengharumkan nama madrasah dan meraih juara I Lomba Duta Fe Remaja.

Yunita Rahmah, siswi kelas XI A3 MAN 1 Pringsewu ini berhasil menyisihkan 13 peserta lainnya dalam lomba Duta Fe Remaja tingkat Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Lomba yang dilaksanakan dalam upaya penyebaran informasi kesehatan dalam pencegahan anemia ini, Yunita tampil meyakinkan dan membuat dewan juri menetapkannya sebagai pemenang.

Rosyidah Pembina UKS MAN 1 Pringsewu menjelaskan, Lomba Duta Fe Remaja terlaksana berkat adanya kerjasama antara MAN 1 Pringsewu dengan Puskesmas Fajaresuk.

“Yunita memang sebelumnya kita siapkan dan beri pembinaan dengan materi-materi seputar ferrum/zat besi. Alhamdulilah, akhirnya Yunita berhasil keluar sebagai juara”, terang Rosyidah, Selasa (19/11).

Terkait dengan Fe ini, Rosyidah memaparkan kalau remaja putri (rematri) rentan menderita anemia karena banyak kehilangan darah saat menstruasi (datang bulan).

Selain itu sebut Rosyidah, Rematri yang menderita anemia juga sangat berisiko mengalami anemia saat hamil.

“Hal ini akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan serta berpotensi menimbulkan komplikasi kehamilan dan persalinan, hingga menyebabkan kematian pada ibu dan bayi,” ungkap Rosyida.

Rosyida mengaku menilai positif kegiatan yang dilaksanalan, selain juga remaja harus ada yang menjadi duta untuk mensosialisasikan pentingnya Fe.

“Alhamdulillah, siswi MAN 1 Pringsewu akhirnya berhasil menjadi duta Fe Kabupaten Pringsewu. Keberhasilan ini tentunya berkat dukungan dan doa dari semua,” ucap Rosyida.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Pringsewu H. Almadi menyambut gembira prestasi yang telah diraih anak didiknya.

Ia berharap, Yunita Rahmah bisa berkiprah lebih baik setelah terpilih menjadi Duta Fe.

“Bagi siswa dan siswi lainnya untuk mengasah kemampuannya sehingga bisa berprestasi seperti Yunita”, ucap Almadi.

Almadi juga mengimbau kepada seluruh pelajar putri khususnya, guna menjaga kesehatannya sebaik mungkin sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. (*/rls)