Home Daerah Terkait Virus Corona, Safari Jurnalistik PWI Tubaba Ditunda

Terkait Virus Corona, Safari Jurnalistik PWI Tubaba Ditunda

40 views
0

TUBABA – Agenda perjalanan Safari Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat, ke Dewan Pers-PWI Pusat dan PWI Bandung Jawa Barat, Senin – Jumat (16-21/3/2020), ditunda.

Mengingat merebaknya penyebaran virus Corona di dua provinsi itu, akhirnya PWI Tubaba dan Pihak Travel Tour PT. Tri Laskar Wisata sepakat untuk menjadwalkan ulang rencana perjalanan itu, hingga situasi benar-benar membaik.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jadwal kegiatan perjalanan Safari Jurnalistik PWI Tubaba ditunda dan akan dijadwalkan ulang dengan pertimbangan situasi nasional terkait virus Corona. Susunan rundown kegiatan dan daerah tujuan tetap, hanya saja jadwal keberangkatan yang dijadwalkan ulang hingga menunggu ada pengumuman resmi kembali dari pemerintah terkait wabah virus Corona,” jelas sekretaris PWI Tubaba Dedi Priono mendampingi Ketua PWI Tubaba Edi Petra Zulkarnain, Minggu (15/3/2020).

Seperti diketahui, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat memastikan keberangkatan menuju ibukota Jakarta dan Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, sesuai jadwal pada hari Senin hingga Sabtu (16-21/2020).

Sebelum keberangkatan, seluruh pengurus dan anggota PWI setempat akan dilepas Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat di sekretariat kantor PWI setempat, Senin (16/3/2020) sekitar pukul.15.30 WIB.

Selama perjalanan Safari Jurnalistik tersebut, PWI Tubaba akan di pandu travel tour PT. Tri Laskar Wisata.

Menurut Sekretaris PWI Tubaba Dedi Priono mengatakan, berdasarkan rundown Safari Jurnalistik yang telah disepakati antara PWI Tubaba dan pihak travel tour PT Tri Laskar Wisata, jadwal keberangkatan peserta Safari Jurnalistik PWI Tubaba dipastikan pada Senin (16/3/2020) dan tiba kembali ke Tubaba pada Sabtu (21/3/2020).

Kemudian kata Dedi, dilanjutkan perjalanan menuju Jakarta dan transit di masjid Istiqlal pada pukul 05.00 WIB, untuk sholat dan sarapan, kemudian pada pukul 07.30 WIB dilanjutkan berkunjung ke Monumen Nasional (Monas). Dan baru sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan akan langsung menuju kantor Dewan Pers untuk berdialog seputar organisasi Pers hingga pukul. 11.45 WIB.

“Setelah shalat Dhuhur dan makan siang. Sekitar pukul 13.30 WIB, kunjungan kemudian dilanjutkan ke kantor PWI pusat. Rencananya PWI Tubaba akan mendapatkan pemberian materi seputar kode etik jurnalistik serta seputar sejarah perjalanan pers di Indonesia,” ujar Dedi Priono mendampingi Ketua PWI Tubaba Edi Petra Zulkarnain, Sabtu (14/3/2020).

Setelah melakukan dialog dan mendapatkan wawasan serta pengetahuan tentang kehidupan Pers dan segala macam aturan Pers kata Dedi, rombongan kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung Jawa Barat. Disana PWI Tubaba akan berkunjung ke kantor PWI Bandung, Jawa Barat untuk bersilaturahmi sekaligus berdialog seputar organisasi PWI.

“Dalam kunjungan selain menambah wawasan dan silaturahmi ada juga agenda bertukar cinderamata,” jelas Dedi.

Selain melakukan kunjungan resmi baik ke Dewan Pers, PWI pusat dan PWI Bandung. Rombongan PWI Tubaba juga akan mendatangi sejumlah titik tempat destinasi wisata seperti Tangkupan Perahu, Arum Jeram, Gedung bersejarah yakni Gedung Sate, Alun alun Bandung serta pusat kerajinan asli Bandung Cibaduyut.

“Di sejumlah tempat ini diharapkan dapat menjadi referensi wartawan Tubaba untuk mendapatkan informasi dan bahan perbandingan untuk dibawa sebagai bekal memajukan Destinasi Wisata yang kini tengah digencarkan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat khususnya bapak bupati Umar Ahmad. Semoga kedepan Tubaba akan lebih terkenal dan mendunia terutama soal pengembangan destinasi wisata Kebudayaan,” terangnya. (HI)