Home Daerah Uji Kenaikan Kelas, Kelompok Jahit “Mawar” Binaan JMMPO Gelar Lomba Fesyen

Uji Kenaikan Kelas, Kelompok Jahit “Mawar” Binaan JMMPO Gelar Lomba Fesyen

82 views
0

PRINGSEWU,LAMPUNGRAYA.ID – Kelompok menjahit “Mawar” yang berada dibawah naungan dan binaan JMMPO (jaringan masyarakat menentang perdagagangan orang) Lampung, Senin (30/11/20) menggelar lomba fesyen.

Lomba digelar di Griya Anselma, Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, dengan dewan juri yakni Yekti Utami dari Diskoperindag Kabupaten Pringsewu, Jebol Tarsono (penjahit profesional) dan Rintarti Dwi Prasetyo (Ketua TP PKK Kecamatan Pringsewu).

Tri Susiati, Koordinator Kelompok Menjahit “Mawar” kepada wartawan Lampungraya.id., menjelaskan, lomba dimaksudkan dalam rangka mengevaluasi ilmu dan keterampilan yang dimiliki anggota kelompok selama mengikuti pembelajaran.

“Lomba ini juga guna menentukan tingkat kelas dalam pembelajaran menjahit. Sebab, bukan hanya tingkat kehadiran, namun juga karya dan kreasi yang harus bisa mereka praktekan”, jelas Susi.

Para dewan juri saat berembuk melakukan scoring menentukan juara

Susi menuturkan, ada tiga (3) kelas di kelompok menjahit “Mawar”, yakni kelas dasar (kebaya), kelas madya (blazer) dan kelas terampil. Kelas Dasar merupakan kelas bagi para pemula, kelas madya merupakan kelas bagi mereka yang sudah memiliki dasar menjahit atau melewati kelas dasar.

“Sementara, untuk kelas trampil kelas bagi mereka yang sudah memiliki keterampilan dan mampu mengembangkan kreasi, inovasi dan karya. Kita juga kedepan berencana membuka kelas bordir”, papar Susi.

Pembina yang juga Ketua JMMPO Lampung, SRM Katarina, FSGM., cukup mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan. “Kegiatan ini sangat positif dan bisa menjadi semacam tolak ukur guna melihat kemampuan dan penerapan ilmu yang dimiliki para anggota. Kedepan harapannya, dengan keterampilan yang dimiliki, mereka akan bisa hidup mandiri”, ucap SRM Katarina.

Sementara itu, berdasarkan data pemenang lomba fesyen yang diterima wartawan Lampungraya.id, untuk Kelas Dasar (Kebaya) Juara 1 yakni Hayati, Juara 2 : Sopia Ana dan Juara 3 : Endang Pratiwi.

Sementara untuk di Kelas Madya (Blazer), Juara 1 yakni Rosdiana, Juara 2 : Linda Malinda dan Juara 3 : Varia Agustina

Adapun yang menjadi item penilaian dewan juri dalam lomba fesyen yang diikuti oleh 37 peserta dari 42 anggota kelompok menjahit ini yakni kerapihan, tingkat kesulitan dan keserasian.

Kerapihan lebih diliat dari masalah jahitan, tingkat kesulitan lebih kepada model, dan keserasian dititik beratkan pada padu padan secara keseluruhan. (Ful)