Home Daerah UPJA Gading Mas, Sulap Saluran Pembuangan Air jadi Tempat Wisata

UPJA Gading Mas, Sulap Saluran Pembuangan Air jadi Tempat Wisata

318 views
0
Inilah Taman Indah Gading Mas yang berhasil dibuat atas prakarsa pengurus UPJA Gading Mas Kecamatan Gadingrejo

GADINGREJO – Setelah “Taman Sabin” (objek wisata berbasis pertanian terintegrasi) di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo berhasil diciptakan dan menghipnotis masyarakat berduyun-duyun mendatangi lokasi tersebut.

Kini, langkah serupa dilakukan pengurus UPJA (unit pengelola jasa alsintan) “Gading Mas” Kecamatan Gadingrejo.

Dilatarbelakangi sikap prihatin akan serangan hama (tikus dan wereng coklat), mereka mencoba memanfaatkan dan menyulap bantaran saluran pembuangan air, menjadi tempat daya tarik wisata baru di wilayah gadingrejo.

“Saat ini kita masih terus lakukan penataan, memperindah lokasi ini. Walau begitu, tetapi ada saja warga yang datang kesini di setiap harinya”, jelas Warsito, Ketua UPJA Gading Mas dikonfirmasi wartawan Lampungraya.id., Senin (03/02/2020).

Warsito mengemukakan, ide awal pemanfaatan badan saluran pembuangan air, lantaran kurang terawatnya saluran tersebut serta menjadi sarang tikus yang menjadi musuh alami petani.

“Sebelumnya, bantaran ini ditumbuhi rerumputan dan ilalang serta menjadi sarang tikus saat kemarau lalu. Kita akhirnya coba bersihkan dan rapihkan serta tanami terong”, jelas Warsito.

Sementara, guna bisa mengendalikan serangan hama wereng, di sepanjang bibir saluran ditanami regofia (bunga aneka warna)

“Bunga-bunga ini, selain untuk mempercantik lokasi, juga berfungsi mengendalikan hama wereng. Penanaman refogia kita lakukan pada november 2019,” terang Warsito.

Rencananya sebut Warsito, kedepan akan didirikan gubug dari bambu, sebagai tempat persinggahan bagi warga yang berkunjung ke lokasi.

“Saat ini, kita masih coba gunakan payung seperti ini, yang sifatnya masih bongkar pasang. Kedepan, akan kita buatkan gubug bambu”, ujar Warsito. (Ful)