Daerah  

Tingkatkan Kualitas Tanaman Pangan, Kementan dan Komisi IV DPR RI Gelar Bimtek Bagi Petani Lampung Selatan

Lampungraya.id, Kalianda – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bersama Komisi IV DPR RI terus berupaya mendorong peningkatan kulitas komoditas pangan melalui penerapan pemilihan benih bersertifikat.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tanaman Pangan kepada para petani di Kabupaten Lampung Selatan yang berlangsung di Desa Legundi, Kecamatan Ketapang, pada Rabu (12/4/2023).

Bimtek itu dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Dr. Ir. Yudi Sostro, para pejabat struktural pemerintah daerah serta beberapa stakeholder terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nanang Ermanto meminta agar peseta Bimtek bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber serta bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Karena menurut Nanang, ilmu yang diberikan dalam Bimtek tersebut akan memberikan manfaat baik dalam pertanian bila diterapkan secara benar.

Nanang juga menyampaikan, pertanian merupakan sektor yang sangat berperan penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah dan masyarakat. Hal ini dikarenakan, pertanian termasuk dalam instrumen pengentasan kemiskinan dan juga peningkatan ketahanan pangan.

“Ini ilmu yang harus kita manfaatkan. Ketika bapak ibu mendapatkan bimbingan, ilmu ini sesuai ┬ákondisi negara kita, negara agraris. Manfaatkan waktunya ini sebaik-baiknya. Mudah-mudahan bimbingan teknis ini diberkahi oleh Allah serta diberikan kemudahan dan kelancaran,” katanya.

Sementara, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Dr. Ir. Yudi Sostro menyampaikan, petani memiliki peranan penting dalam memenuhi ketersediaan bahan pangan rumah tangga.

Oleh karena itu, hal tersebut harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang memadai, sehingga dalam praktiknya, para petani dapat lebih mudah dan bisa menghasilkan komoditas pangan yang lebih baik.

“Bimtek ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2021. Disetiap daerah kami harus minimal melaksanakan 5 kali Bimtek, harus dilaksanakan dengan baik, harus mencerdaskan, sehingga bisnis kita dipertanian bisa menjadi lebih baik,” kata Yudi Sostro.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin berharap, para petani di Lampung Selatan mampu mengikuti Bimtek dengan baik serta bisa menyebarkan ilmu yang didapatkan kepada masyarakat sekitar. Sehingga, seluruh masyarakat di daerah bisa paham mengenai sektor pertanian.

Sudin menambahkan, Bimtek itu merupakan salah satu langkah untuk menambah wawasan, kemampuan dan kapasitas petani mengenai dunia pertanian secara langsung. Sehingga, kedepan para petani bisa bekerja secara optimal.

“Kenapa ada bimbingan teknis, karena selama ini pemerintah memberi bantuan begitu saja tanpa memberikan bimbingan. Akhirnya banyak bantuan dari pemerintah yang terbengkalai. Contohnya alat-alat mesin pertanian. Pengetahuan itu jangan dianggap tidak penting, ini perlu untuk kita ketahui,” kata Sudin. (Rls)