Daerah  

Pasien Positif Covid-19 di Lampung Bertambah 3 Orang, 1 Dikabarkan dari Lamsel

KALIANDA — Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung kembali merilis data perkembangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), ada penambahan 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dikabarkan salah satunya di Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (07/04/2020).

Hal ini dipertegas di website www.bappeda.lampungprov.go.id untuk Kabupaten Lampung Selatan, hasil tes laboratorium 1 orang pasien positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr Jimmy Hutapea MARS saat dikonfirmasi menolak untuk menjawab. Menurut Jimmy, dia masih berkomunikasi dengan pihak gugus tugas Provinsi Lampung.

“Saya masih tunggu arahan dan komunikasi dengan Gugus Tugas Prov Lampung, sesuai dengan Protokol Publikasi, untuk publikasi kasus konfirmasi positif Covid-19 ada pada Gugus Tugas Provinsi Lampung. Sabar saja, nanti ada press conference dari sana,” ujar Jimmy.

Sebelumnya, dalam data gambar yang diinformasikan Diskes Lampung ke WhatsApp Group (WAG) resmi info Corona Lampung, ‘Covid-19 Provinsi Lampung’ yang diterima, ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta pasien yang meninggal dunia.

Dari data yang dihimpun sebanyak 16 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun yang masih dirawat 6 orang, 7 orang dinyatakan sembuh dan yang meninggal dunia 3 orang.

Dengan catatan, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini data yang masuk tidak dikurangi meskipun sudah ada yang sembuh dan yang meninggal dunia.

Untuk PDP pada 7 April 2020 bertambah menjadi 42 orang. Dengan catatan yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak orang, 7 lainnya diruang isolasi dan 16 orang sudah dinyatakan negatif, sudah dipulangkan ke rumah. Sedangkan orang dalam pemantauan hari ini kembali terjadi kenaikan yakni sebanyak 1.886.

Dengan rincian 1.156 orang yang sedang dilakukan proses pemantauan dan 730 orang yang telah dinyatakan selesai pemantauan selama 14 hari.

Sayangnya juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana belum bisa dikonfirmasi untuk mengetahui penjelasan atas pasien meninggal dan PDP serta ODP.

(row/sa)