Daerah  

Pernyataan M.Sobari soal Kegiatan P3-TGAI di Kecamatan Palas Telah Dibongkar Ulang Adalah Bohong Besar

KALIANDA – Pernyataan Ketua Ketua Perhimpunan Petani Pengguna Air (P3A) Budi Makmur di Desa Kalirejo Kecamatan Palas, M.Sobaribahwa pekerjaan Peningkatan Jaringan Irigasi senilai Rp195 juta tersebut telah dibongkar dan telah dikerjakan ulang adalah bohong besar, hias dan menyesatkan.

Buktinya, setelah dilakukan pengecekan langsung ke lokasi pekerjaan, ditemukan masih pekerjaan lama yang dilaksanakan secara ugal-ugalan. Bahkan dilokasi pekerjaan tersebut tak ditemukan aktifitas alias disetop.

“Masih kerjaan yang lama Lur, gak ada tuh pembongkaran untuk pengulangan pekerjaan. Malah ini sepi gak ada yang kerja lagi,” ujar Wakil Sekretaris Fokwal (Forum Komunikasi Wartawan Lampung Selatan), Mustakim kepada wartawan melalui aplikasi percakapan WhatsApp, Kamis 9 November 2023.

Namun demikian, Mustakim membenarkan jika plang proyek berisi informasi dasar kegiatan telah terpasang di lokasi proyek tersebut.

Sementara, baik Ketua P3A yang merangkap jabatan sebagai Sekdes setempat, M.Sobari maupun Kades Kalirejo, Budiono saat dikonfirmasi terkait masalah ini tak merespon. Sejumlah pesan WA yang dikirim tak ditanggapi.

Sebelumnya diberitakan, Selain tak dilaksanakan secara swakelola, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Kalirejo Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan layaknya bagai proyek siluman tanpa papan proyek. Bahkan tidak itu saja, dalam perkerjaannya pun ditengarai ugal-ugalan.

Dari pantauan di lapangan, di lokasi proyek tidak nampak adanya papan pengumuman kegiatan. Selain melibatkan tukang dari luar kecamatan, pekerjaan irigasi tersebut dilakukan secara asal-asalan sesuai kaidah-kaidah pelaksanaan konstruksi pengairan.

Dimana pemasangan blok beton pada dasar tanah hanya ditempelkan saja tanpa ada alas maupun perekat, baik alas coran semen maupun alas perekat lain yang sesuai ketentuan.

(Kim/row)