Kampanye di Kalianda, Ganjar Pranowo Janji Prioritaskan 3 Hal Ini

KALIANDA – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat kampanye di Lapangan Lampung Selatan Expo, Kalianda Lampung Selatan janji prioritaskan 3 hal utama, yakni pertama pendidikan gratis hingga SMA atau sekolah lanjutan tingkat atas. Menurut Ganjar, pendidikan minimal SMA saat ini sudah menjadi hal mendasar terlebih jaman globalisasi saat ini.

“Saat ini pendidikan gratis di Indonesia hanya sampai pada jenjang SMP atau sekolah lanjutan tingkat pertama. Janji kampanye gak neko-neko, untuk pendidikan gratis saya maunya sampai SMA. Maksudnya ini supaya ada peningkatan juga, jika kita bisa minimal pendidikan dasar SMP, kenapa sekarang kita tidak tingkatkan menjadi SMA,” ujar Ganjar dalam orasinya di depan ribuan warga masyarakat yang hadir, Senin 22 Januari 2024.

Yang kedua dikatakan Ganjar adalah akses internet gratis hingga ke pelosok daerah. Menurut capres yang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura itu, akses internet gratis yang menjangkau hingga ke pelosok daerah cukup penting untuk memfasilitasi dalam pengembangan potensi anak muda yang berkarya.

“Dengan akses internet gratis hingga masuk ke pelosok daerah, ini sama saja memberikan fasilitas juga kesempatan bagi anak-anak muda yang potensial dalam pengembangan ekonomi digital. Apalagi jaman sekarang segala sesuatunya tidak bisa dipisahkan dari yang namanya internet,” imbuhnya.

Yang ketiga, menurut capres yang berpasangan dengan Mahfud MD ini adalah bahan pangan beras yang terjangkau. Dikatakan mantan Gubernur Jawa Tengah ini, harga beras yang terjangkau itu tidak saja maksudnya dengan harga murah, tapi melalui peningkatan ekonomi, maka berapapun harga beras tersebut tetap terjangkau dengan pengembangan kualitas ekonomi.

“Yang tidak kalah penting itu kan urusan Mangan (Makan, red) ya. Bagaimana bahan pangan seperti beras itu terjangkau, itu tidak harusnya harganya menjadi turun, tapi meningkatkan daya beli masyarakat dengan peningkatan ekonomi ya, lapangan kerja juga. Kalau harga beras turun, yang susah juga petani kita. Tapi bagaimana caranya dengan harga beras yang stabil, tapi tetap terjangkau oleh masyarakat secara umum,” pungkasnya.

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo sempat menghadiri istighosah dan doa bersama para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotussolihin, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, Senin pagi 22 Januari 2024.

Dalam acara tersebut, Ganjar Pranowo juga menyerap aspirasi para santri dan pimpinan di Ponpes Roudlotussolihin. Pimpinan Ponpes Roudlotussolihin Lampung Selatan, Mochamad Thoha mengatakan, pihaknya berharap kepada Ganjar Pranowo apabila nantinya terpilih menjadi Presiden RI, untuk segera melaksanakan undang-undang pesantren.

“Kami semua mendukung Ganjar – Mahfud, kami mohon jika nanti terpilih agar melaksanakan undang-undang pesantren,” kata Mochamad Thoha.

(row)