Mitigasi Kesehatan Pemilu 2024, Dinkes Lamsel Tempatkan 600 Tenkes di 260 Poskes

KALIANDA – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan kerahkan 600 tenaga kesehatan (Tenkes) untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan pemilu yang di helat pada 14 Februari 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Devi Arminto SKM MM mengatakan, 600 personel tenkes tersebut seyogyanya akan ditempatkan di Pos Kesehatan Statis yang berada di 260 desa dan kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

“Ini kan upaya mitigasi keselamatan kerja bagi petugas pemilu dari kita (Dinkes) ya. Ada sekitar 600 personel yang kita tempatkan di pos kesehatan statis itu. Untuk jumlahnya, tiap desa 1 pos kesehatan,” kata Devi Arminto kepada wartawan, Senin 12 Februari 2024.

Devi Arminto menambahkan, selain pos kesehatan statis tingkat desa, guna mem-backup pelayanan, dinkes juga telah menyiagakan pos kesehatan tingkat kecamatan yang ditempatkan di seluruh puskesmas yang ada.

“Kemudian ada juga juga pos kesehatan mobil yang bertugas melayani mobilisasi dan monitoring. Khusus untuk pos kesehatan tingkat kecamatan, kita tempatkan 2 tim yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam penuh dengan cara bergantian antar tim,” imbuh Devi.

Devi mengatakan, mengenai teknis pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 mendatang itu, dinkes telah berkoordinasi dengan pihak KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI dan pihak terkait lainnya.

 

(row)