Nakes Nonjob Diduga Karena Mesum, RSBB Kekeuh Pasang Badan Sebut Bantu Akreditasi

KALIANDA – Semangat pembangunan terlebih lagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Lampung Selatan tampaknya harus terciderai oleh salah seorang oknum tenaga kesehatan (Nakes) di RSBB, yang diduga melakukan perbuatan mesum dengan salah seorang pasien.

Bahkan, oknum nakes tersebut dalam melakukan perbuatannya itu dilakukan terang-terangan di tempat terbuka, seperti melakukan suatu hal yang lumrah di rumah sakit milik Pemkab Lampung Selatan itu.

Namun ironisnya, perbuatan mesum tersebut justru sepertinya dilindungi oleh orang nomor satu di RSBB. Adalah Direktur Rumah Sakit Bob Bazzar (RSBB), dr Renny Indrayani dengan kekeuh menutupi bahkan terkesan melindungi perbuatan oknum tersebut.

Saat dihubungi, dr Renny membantah terkait ‘nonjob’ salah’ satu kepala ruangan pelayanan inisial Dh di RSBB terkait dugaan perbuatan mesum oknum dengan pasiennya.

Renny berdalih, karena memiliki potensi membantu manajemen RSBB, maka oknum Dh tersebut di ‘nonjobkannya’ ke staf keperawatan guna membantu RSBB dalam proses akreditasi.

“Mas Dh pernah jadi kepala ruangan, tapi karena untuk membantu akreditasi, jadi mas Dh di staf keperawatan sekarang.Karena dia berpotensi untuk membantu manajemen,” dalih dr Renny seperti melindungi, Selasa 27 Februari 2024.

Padahal sebelumnya, sebuah sumber di RSBB mengungkapkan bahwa salah satu oknum kepala ruangan di RSBB kedapatan sedang mesum dengan salah seorang pasien.

Namun demikian, masalah tersebut sepertinya ditutup-tutupi oleh pihak RSBB. Bahkan, pihak manajemen RSBB hanya memberikan sanksi berupa diberhentikannya dari jabatan kepala ruangan dan menjadi staf biasa di bagian keperawatan.

Padahal kata dia, masalah ini berkaitan dengan integritas dan nama baik lembaga RSBB. Jika hal seperti ini, terusnya, tidak ada tindakan tegas, maka dikhawatirkan bakal berulang di masa depan. Seperti sebelumnya di masa lalu juga pernah terjadi.

” Tapi yang parahnya itu, dilakukannya (Mesum) di tempat terbuka, makanya diketahui oleh nakes lain. Masalah ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum di internal RSBB, semua sudah pada tahu tapi tidak ada yang berani bersuara,” beber dia seraya mewanti-wanti agar namanya jangan disebut.

Terpisah, menurut salah satu nakes lain saat dihubungi tak membantah terkait peristiwa tersebut. Menurut nakes ini, masalah tersebut dia sudah dengar dari mulut ke mulut antar nakes lain di RSBB.

“Tahu sih, tapi tidak secara langsung. Dari cerita kawan, dari meja ke meja. Mungkin masalah seperti ini (Mesum) bukan masalah yang serius. Orangnya (Oknum) pun terlihat sepertinya biasa saja, seperti tidak ada masalah apa pun,” imbuhnya.

(row)