Daerah  

Soal Etos Kerja Elemen Pemerintah Daerah, Bupati Nanang Kutip Pesan Bung Karno

KALIANDA – Bupati Lampung Selatan Hi Nanang Ermanto di jelang akhir masa jabatannya nampaknya bakal melakukan sejumlah terobosan guna percepatan pembangunan dengan memaksimalkan peran elemen pemerintah daerah seperti PNS, ASN dan tenaga honorer sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Buktinya, dalam sambutannya pada acara penyaluran bantuan insentif guru honorer di Aula Krakatau pada Senin 1 April 2024, guna memotivasi peningkatan etos kerja pegawai, Bupati Nanang sempat mengutip pesan Bung Karno.

Mantan anggota DPRD Lamsel 2 periode ini, meminta seluruh elemen pemerintah daerah dapat bekerja dengan mengedepankan pengabdian yang tulus dan juga sebaik mungkin. Menurut dia, bekerja dengan etos mendahulukan pengabdian tulus, maka hasil dan manfaat yang maksimal pasti diraih, baik secara langsung maupun tak langsung.

“Itu mindsetnya, mental berfikirnya harus dirubah. Belum apa-apa mindsetnya, yang mana punya saya, berapa punya saya. Tak elok dalam pengabdian mendahulukan pamrih. Jadi, seperti yang diungkapkan oleh Bung Karno, ‘jangan tanyakan apa yang Kabupaten Lampung Selatan berikan kepada mu, tapi tanyakan apa yang sudah anda berikan untuk daerah kabupaten Lampung Selatan’, rumah saya dan tempat saya mengabdi. Berbuat lah, maka usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,” ujar Nanang Ermanto seraya menambahkan agar senantiasa dapat bersyukur atas Rahmat Tuhan dengan apa yang sudah didapatkan selama ini.

Dalam kesempatan itu, suami dari Bunda Winarni ini juga sempat menyinggung IPM (Indeks Pembangunan Manusia) kaitannya dengan pembangunan daerah. Menurut mantan kades Waygalih ini, tolok ukur keberhasilan pembangunan tidak saja dikalkulasikan dengan kualitas maupun kuantitas pembangunan fisik, pembangunan infrastruktur. Namun ada aspek pembangunan penting lainnya yang beriringan wajib dilaksanakan daerah, yakni pembangunan manusia, pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Pembangunan manusia merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan dan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu daerah. Dengan kualitas SDM yang baik akan membantu daerah dapat memaksimalkan segala sumber daya yang ada agar mencapai kemakmuran dan kesejahteraan yang berkelanjutan. Jika tidak adanya pembangunan manusia, maka, meski dengan limpahan potensi sumber daya, baik alam maupun ekonomi yang kaya, akan menjadi percuma. Karena dengan kondisi itu, membuat suatu daerah tidak akan dapat mengembangkan apapun, karena tak memiliki SDM yang cukup mumpuni untuk mengelola,” imbuhnya.

(row)