Daerah  

Ngudi Rukun II Pagelaran, Kembangkan Mina Padi

Inilah hamparan program mina padi yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Ngudi Rukun, Pekon Candi Retno, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu

PAGELARAN : Kelompok Tani (Poktan) Ngudi Rukun II, Pekon Candi Retno, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, kembangkan mina padi di hamparan seluas 12 hektar.

Program mina padi bantuan Kementerian Perikanan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu ini, mereka terima pada Desember 2019 lalu.

“Bantuan yang kita terima berupa benih ikan nila, pakan dan boi security. Saat ini, bobot ikan sudah mencapai 9 ons dengan usia baru sekitar 6 minggu”, jelas Slamet Awaluddin, Ketua Poktan Ngudi Makmur II ditemui wartawan Lampungraya.id., Jumat (07/02/2020).

Menurut Slamet, sebelum melaksanakan program mina padi, ia terlebih dahulu mendapat bimbingan teknis (Bimtek) Mina Padi di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam di Propinsi Jambi selama 1 minggu.

“Ada sekitar 54 anggota yang ikut melaksanakan program mina padi disini. Untuk kedalaman media budidaya, rata-rata 50 cm dengan lebar 150 cm”, terang Slamet.

Sementara itu, Khaerul Falah, Kabid Produksi Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu saat dikonfirmasi menjelaskan, di Kabupaten Pringsewu ada tiga Poktan yang melaksanakan program mina padi.

“Tiga kelompok itu yakni ngudi makmur II di candiretno dan tunas makmur di tanjung dalem. Kemudan, kelompok tunas harapan di wonodadi kecamatan gadingrejo”, terang Khaerul. (Ful)