Daerah  

Sujadi Ikut Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah secara Daring

PRINGSEWU, LAMPUNGRAYA.ID – Bupati Pringsewu H.Sujadi mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemerintah Tahun 2020 secara Daring dari Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (18/11/20).

Mendampingi Bupati Pringsewu, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Pringsewu A. Handri Yusuf, ST, MT dan Inspektur Pembantu (Irban) Encep Ilyas dari Inspektorat Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Transformasi Digital dan Profesionalisme Sumberdaya Manusia Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah’ ini, dibuka oleh Presiden RI Ir.H.Joko Widodo dari Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, dalam kondisi seperti saat ini dibutuhkan kecepatan untuk realisasi belanja pemerintah. Dimana, seorang pejabat harus berani mengambil resiko untuk kepentingan rakyat.

“Sudah saatnya melakukan perubahan-perubahan yang fundamental dalam sistem pengadaan barang dan jasa. Arahnya, harus memiliki bukan hanya sistem pengadaan barang dan jasa yang cepat, transparan dan akuntabel, tapi juga meningkatkan value for money dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada rakyat atau masyarakat”, jelas Joko Widodo.

Karena itu, lanjut Presiden, LKPP harus melakukan banyak terobosan. Ia juga meminta pengadaan barang dan jasa dalam sisa waktu yang ada, dilakukan sesuai rencana APBN dan APBD.

“Saya minta dari anggaran yang ada untuk memprioritaskan membeli produk-produk dalam negeri, khususnya UKM. Hal ini untuk menimbulkan multi-effect bergeraknya ekonomi di masyarakat”, ucap Joko Widodo. (*/sae)