Soal Ramai Kades di Lamsel Diundang Zulhas, Berikut Laporannya (Bagian II)

KALIANDA – Karena sebelumnya sempat santer kabar, bahwa incumben bakal terganjal untuk maju mencalonkan diri untuk kedua kalinya sebagai Bupati Lampung Selatan, maka di sebut-sebut lah sejumlah nama kandidat bakal calon alternatif di depan undangan kades yang hadir.

Kepala Desa Kuripan Kecamatan Penengahan, Suhatsyah bahkan merincikan dialog dalam pertemuan silaturahmi dan buka puasa bersama itu, bahwa Zulhas sempat menyebut sejumlah nama sebagai bakal calon kandidat.

Seperti Ketua DPRD Hendry Rosyadi, Kader Gerindra dan caleg terpilih DPRD Provinsi Lampung, Wahrul Fauzi, bahkan istri dari Bupati Lampung Selatan, Bunda Winarni Nanang Ermanto.

“Tapi ketika nama-nama itu disebutkan oleh Zulhas, tidak ada yang merespon. Semua diam seperti saling menunggu tanggapan dari kades lain. Tapi ketika acara sudah usai dan sudah pada pulang, baru lah ramai sejumlah kades mengadang-gadangkan nama ketua DPRD Hendry Rosyadi. Waktu dalam acara, tidak ada itu,” bebernya.

Sementara, Kepala Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa, Rio Imanda menegaskan bahwa acara silaturahmi tersebut bukanlah acara yang dikomandoi oleh APDESI. Undangan acara tersebut, atas inisiasi langsung dari pihak keluarga Zulkifli Hasan.

“Bukan acara APDESI, maka itu ada kades yang diundang dan ada juga yang gak diundang meski sama dalam 1 kecamatan. Undangan itu kan langsung dari pihak keluarga pak Menteri, pak Zulkifli Hasan. Apa alasannya, saya juga kurang paham,” ujar Ketua APDESI Kecamatan Rajabasa ini seraya mengungkapkan total besaran akomodasi yang diterima yakni sebesar Rp3 juta dengan rincian biaya bagi kendaraan sebesar Rp2juta dan Rp1 juta untuk operasional.

Senada, kades lulusan hukum S2 ini pun menegaskan tidak ada arahan ke kandidat tertentu dalam acara tersebut. Zulhas, terus dia, hanya sempat bertanya ke para undangan, kandidat mana yang kuat untuk maju Pilgub Lampung dan pilbup Lampung Selatan.

“Awalnya ditanya siapa kandidat yang kuat untuk pilgub dan pilbup, sempat nyebut nama pak Arinal dan juga pak Nanang Ermanto, hingga nama Melinda, putri sulung dari mantan Bupati Lamsel Zulkifli Anwar. Bahkan ada kades yang ‘nyeletuk’ jika istrinya pak Nanang, bunda Winarni juga cukup populer sebagai kandidat,” ucap Rio.

[Bagian II]

(row)