Jelang 6 Bulan, Sudah 4 Kandidat Ramaikan Pilkada Lamsel 2024

KALIANDA – Enam bulan jelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lampung Selatan (Pilkada Lamsel) 2024 yang bakal dihelat November mendatang, ‘mendadak’ ramai sejumlah kandidat bermunculan meramaikan bursa bakal calon kepala daerah.

Berdasarkan data yang LR himpun, setidaknya ada 4 kandidat yang diketahui mendaftar di sejumlah partai yang membuka penjaringan bakal calon, seperti PDIP, PAN, PKB, Demokrat dan Nasdem.

Sementara, 3 partai pemilik kursi di DPRD setempat lainnya, seperti Gerindra, Golkar dan PKS sepertinya masih wait and see atau istilah gaulnya masih melihat ‘Cek Ombak’

Empat kandidat tersebut yakni, Nanang Ermanto, Raditio Egi Pratama, Hendry Rosyadi dan Melinda.

Start pertama tentunya dibuka oleh kandidat petahana, Hi Nanang Ermanto. Suami dari Winarni ini mendaftar di partainya sendiri, PDIP pada pertengahan April lalu. Untuk diketahui, Nanang Ermanto saat ini masih menjabat Bupati Lampung Selatan hingga dilantiknya kepala daerah hasil pilkada 2024.

Bahkan menurut Liaison Officer (LO) tim Nanang Ermanto, Pantra Agung Oki Riyanto, SH., MH, diawali pendaftaran di partai Nasdem, kandidat petahana Bupati Lampung Selatan itu bakal road show ke seluruh partai yang membuka penjaringan.

“Sebelumnya kami juga sudah komunikasi secara intens dengan PKS, kami sudah melakukan pertemuan, bersilaturahmi. Sedangkan dengan Nasdem, kami kira hubungan dengan partai besutan Surya Paloh itu sudah terjalin baik sejak lama. Bahkan Nasdem salah satu partai pengusung pak Nanang Ermanto dalam pilkada 2020 silam,” ujar Pantra Agung seraya mengungkapkan rencana road show ke sejumlah partai yang membuka penjaringan, Kamis 2 Mei 2024.

Kandidat kedua, meski awalnya terdengar sayup-sayup, bakal calon kepala daerah dari PAN, Raditio Egi Pratama terlihat makin intensif bergerak. Menantu dari ketua umum PAN itu diketahui pergerakan awal membagikan Zakat mall mewakili sang mertua.

Tak lama kemudian, suami dari Zita Anjani itu memulai safari ke PAN, PKB, PDIP Nasdem hingga ditolak oleh Golkar, karena Golkar Lampung Selatan tak membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati pilkada 2024.

Kemudian berlanjut dengan Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosyadi atau kerap disapa Hero. Bakal calon ini pun tak ingin ketinggalan, nyaris semua partai yang membuka penjaringan telah disambangi.
Keseriusan putra daerah kelahiran Kalianda ini memang tidak boleh diragukan lagi.

Kandidat terakhir yang belakangan muncul adalah Melinda SE MM, putri sulung Zulkifli Anwar yang diketahui pernah menjabat sebagai Bupati Lampung Selatan dan saat ini sebagai politisi Demokrat 3 periode di Senayan.

(Disclaimer : Namun sayangnya LO dari 3 kandidat lainnya ini belum berhasil LR hubungi untuk wawancara)

Berbanding lurus, secara kalkulasi Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang bakal dihelat serentak pada Rabu 27 November mendatang tersebut memang dapat diikuti 4 pasangan calon.

Hal ini mengingat, kekuatan 8 partai pemilik kursi di DPRD Lamsel hasil pemilu Februari 2024 lalu itu, tidak ada 1 pun yang memenuhi syarat 20 % untuk mengusung calon sendiri.

Empat pasangan calon tersebut dapat terwujud dengan catatan, masing-masing 8 parpol itu membentuk koalisi yang terdiri 2 partai saja dengan partai manapun kecuali PKS. Dikarenakan dengan raihan 4 kursi, PKS tak bisa berkoalisi dengan 2 partai pemilik 5 kursi yakni Demokrat dan Nasdem, yang jika dikalkulasikan hanya maksimal berjumlah 9 kursi.

Berikut jumlah kursi 8 partai politik pemilik kursi di DPRD Kabupaten Lampung Selatan dalam pemilu Februari 2024 lalu :

1. Gerindra 9 kursi
2. PDIP 8 kursi
3. Golkar 7 kursi
4. PAN 6 kursi
5. PKB 6 kursi
6. Demokrat 5 kursi
7. Nasdem 5 kursi
8. PKS 4 kursi

(row)